Breaking News:

Guru Berkarya

Mengartikan Surat Alfatihah Melalui Lagu Balonku

Lagu Balonku ada lima merupakan salah satu lagu favorit anak- anak yang sangat familier dikalangan orang tua, anak- anak maupun dikalangan guru.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Nurohman SPdI, Guru SDN 01 Kesesirejo Kec Bodeh Kab Pemalang 

Oleh: Nurohman SPdI, Guru SDN 01 Kesesirejo Kec Bodeh Kab Pemalang

LAGU Balonku ada lima merupakan salah satu lagu favorit anak-anak yang sangat familiar di kalangan orang tua, anak- anak, dan guru atau pendidik pada umumnya. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menghadapi perkembangan jiwa anak- anak seusia 7, delapan tahun (kelas 1 dan 2) melihat gerak gerik anak kelas 1 dan dua SDN 01 Kesesirejo, serta memantau keseharian mereka pada saat dikelas maupun diluar kelas lebih banyak menggunakan motorik/ gerak serta lagu- lagu yang dilagukan ketika di TK maupun PAUD yang mengiringi sela- sela pada saat mereka bermain .Kreatifitas guru sangat diperlukan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi pembelajaran PAI dalam bacaan surat alfatihah beserta artinya.

Menurut Drevdahl (Hurlock: 1978) Kreatifitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Metode pembelajaran dengan lagu dan gerak memotivasi siswa kelas 1 SDN 01 Kesesirejo dengan lagu Balonku ada lima , ketika guru mengumandangkan Balonku ada 5 rupa-rupa warnanya , sepontanitas anak didik kelas  satu SDN 01 Kesesirejo mengikuti irama lagu balonku ada lima dengan ceria dan mengiringi lagu tersebut dengan tepuk tangan yang kompak mengikuti irama lagu itu dengan seksama.

Guru PAI SDN 01 Kesesirejo menyadur lagu Balonku ada lima rupa- rupa warnanya dan seterusnya sampai bait terakhir lagu tersebut kemudian guru menggantinya kalimat- kalimat lagu tersebut dengan kalimat yang artinya surat alfatihah dari ayat satu sampai ayat tujuh surat alfatihah: contoh uraian lagu   berikut : ‘Balonku ada lima…rupa- rupa warnanya ( ‘Menyebut Nama Allah …yang Maha Pengasih dan Penyayang’)dan seterusna. Alhamdulillah melalui media lagu dan gerak anak- anak kelas satu SDN 01 Kesesirejo dapat mengikuti pembelajaran PAI Kompetensi Dasar surat Alfatihah dengan artinya, merasa tidak tertekan dengan senang hati,tidak ada yang mengantuk serta bersemangat dan ceria.solusi menyikapi penghambat dalam menerapkan Pembelajaran PAI, Sub Tema tentang mengartikan surat alfatihah dari ayat satu sampai dengan ayat tujuh yang semula anak didik merasa terbebani dengan berbagai disiplin Pembelajaran yang menuntut ketelatenan seorang pendidik agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Sangatlah sulit karena anak didik kelas satu belum bisa bersikap tenang dalam menghadapi Pembelajaran dikelas.

Hal tersebut merupakan fakto- factor yang harus diperhatikan oleh seorang guru agar tercapainya suatu tujuan dalam Pembelajaran di SD Negeri 01 Kesesirejo. Pembelajaran PAI sudah menerapkan Pembelajaran berwawasan lingkungan karena SDN 01 Kesesirejo menjadi sekolah Adiwiyata .Sistim penerapan kurikulum disesuaikan dengan wawasan lingkungan disekitar dimana keberadaan sekolah yang ada harus menyelaraskan situasi kondisi dan factor geografis daerah tersebut.

Namun dikarenakan ada wabah Covid- 19,hampir setiap sekolah yang ada di belahan dunia saat ini mengalami kemerosotan di segala bidang Pembelajaran. Keterbatasan bertatap muka dengan anak didik berimbas pada pencapaian target yang harus dicapai. Guru membuat video Pembelajaran tentang bacaan surat alfatihah ayat satu sampai ayat tuju beserta artinya dengan lagu ‘Balonku Ada Lima”. Hasil yang dicapai oleh kemampuan anak didik dengan rata – rata pencapaian  89 sd. 100%. Pendidikan Agama mempunyai peran yang sangat strategis di dunia Pendidikan Pada satuan pendidikan manapun dikarenakan Pendidikan Agama sejalan dengan  tujuan pendidikan Nasional yaitu : mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman , bertaqwa terhadap  Tuhan yang Maha Esa dan berbudi Pekerti luhur. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved