Breaking News:

Virus Corona

Tak Ada Lonjakan, Pandemi Selesaikah? Periode Desember-Januari Jadi Parameter Covid-19 di Indonesia

Ketua Terpilih Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumaidi memprediksi, pandemi covid-19 akan selesai jika

Tribunnews
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Ketua Terpilih Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumaidi memprediksi, pandemi covid-19 akan selesai jika pada Desember dan Januari tak terjadi lonjakan kasus covid-19.

Ia pun meminta masyarakat mempertahankan penurunan kasus covid-19 dengan lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Parameter yang selalu saya sampaikan, di Desember Januari ini, (jika) tidak ada lonjakan kasus positif dan tidak ada lonjakan kasus pasien yang ada di perawatan, mudah-mudahan kita bisa selesai dengan pandemi covid-19," katanya, dalam diskusi secara virtual, Selasa (23/11).

Menurut dia, pengetatan mobilitas masyarakat menjelang dan saat libur Natal dan tahun baru penting dilakukan untuk mencegah munculnya lonjakan kasus.

Selain itu, ia juga meminta Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di daerah-daerah selalu melakukan pengawasan protokol kesehatan di ruang publik dan tempat wisata.

"Dan yang paling utama sebenarnya bahwa kita harus tetap waspada," ujarnya.

Adib menuturkan, meski saat ini tidak terjadi lonjakan kasus covid-19, IDI tetap memantau kondisi kasus covid-19 dan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit rujukkan dan ruang isolasi.

"Ini yang harus kita pantau terus untuk jadi pendataan. Itu tidak hanya sekedar pendataan fokus terkait dengan masalah yang berapa yang positif saja, tetapi jumlah pasien di perawatan," ucapnya.

Adapun, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito angkat bicara mengenai sejumlah pihak yang menolak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh wilayah saat libur Natal dan tahun baru.

Ia pun menekankan pentingnya penerapan kebijakan tersebut untuk mencegah lonjakan kasus infeksi virus corona akibat libur panjang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved