Breaking News:

Berita Video

Video Bupati Jepara Dian Kristiandi Tegaskan Komitmen Tangani Anak Tidak Sekolah

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi kepada pihak yang berkomitmen menangani ATS. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA –  Berikut ini video Bupati Jepara Dian Kristiandi tegaskan komitmen tangani anak tidak sekolah.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi kepada pihak yang berkomitmen untuk menangani anak tidak sekolah (ATS). 

Dia meminta penanganan ini dijalankan secara serius sehingga anak-anak di Kabupaten Jepara bisa menyelesaikan sekolahnya tanpa terkendala putus di tengah jalan.

"Anak-anak ini menjadi tanggungjawab kami. Saya minta komitmen kepada semua pihak untuk menangani ini," kata dia saat menerima audiensi terkait penanganan anak tidaj sekolah, di vidcon Bupati Jepara, Senin (22/11/2021). 

Pria yang akrab disapa Andi ini juga meminta Disdikdpora, Bappeda, dan Dinsospermades untuk bersinergi menanganhi anak tidak sekolah.

Andi juga meminta perangkat daerah membuat program kegiatan yanh bersumber dari APBD untuk menyukseskan penanganan anak tidak sekolah.

Untuk saat ini ada empat desa di Kabupaten Jepara yang  menjadi proyek percontohan Penanganan Anak Tidak Sekolah (P-ATS). Empat desa itu adalah Desa Nalumsari, Kecamatan Nalumsari, Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Desa Tulakan, Kecamatan Donorojo, Desa Tubanan, Kecamatan Kembang.

Kepala Bappeda Jepara Subiyanto mengungkapkan pihaknya bermitra dengan Unicef  akan melaksanakan kegiatan sosialisasi, lokalatih pengembangan basis data ATS, pelatihan pendataan ATS dengan menggunakan aplimasi SIPBM di empat desa tersebut.

Dia menambahkan, berdasarkan data Susenas terdapat 17.065 anak tidak sekolah di Kabupaten Jepara.  Untuk mendukung P-ATS ini diperlukan dukungan dari APBDes, khususnya Dana Desa.

Disamping itu perlu disusun peraturan kepala daerah terkait rintisan penuntasan wajib belajar 12 tahun sebagai payung hukum P-ATS di Jepara.

“Diperlukan dukungan dari semua pihak, baik perangkat daerah, dunia usaha, desa, organisasi massa dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya mendukung pelaksanaan P-ATAS di Jepara,” terangnya.(*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved