Breaking News:

Berita Pekalongan

Bunda Literasi Dukung Upaya Peningkatan Indeks Literasi Kota Pekalongan

Inggit Soraya hadiri kegiatan sosialisasi peningkatan minat baca di tengah pandemi.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Dok. Kominfo Kota Pekalongan
Bunda Literasi Kota Pekalongan Inggit Soraya saat menghadiri kegiatan sosialisasi peningkatan minat baca di tengah pandemi di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Kamis (25/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dalam rangka memberikan dukungan dan penguatan, serta mengembangkan budaya gemar membaca di masyarakat, Bunda Literasi Kota Pekalongan Inggit Soraya menghadiri kegiatan sosialisasi peningkatan minat baca di tengah pandemi di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Kamis (25/11/2021). 

Inggit mengatakan, sebagai Bunda Literasi pihaknya merasa puas dan menilai sosialisasi ini sebagai salah satu usaha agar literasi di Kota Pekalongan dapat meningkat.

"Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi ini berjalan lancar. Saya juga berterimakasih kepada Kelurahan Kauman yang sudah mengadakan sosialisasi ini."

"Hal ini adalah salah satu bentuk usaha kita untuk meningkatkan literasi di Kota Pekalongan, terutama pada masa pandemi minat baca sangat menurun drastis, perpustakaan kota juga tutup," kata Bunda Literasi Kota Pekalongan Inggit Soraya.

Inggit menyampaikan, di masa pandemi Covid-19 masyarakah lebih banyak memanfaatkan media digital untuk segala aktifitas di antaranya membaca.

"Saat ini literasi digital sudah dilakukan melalui dari lingkungan terdekat yaitu keluarga."

"Peran keluarga dalam literasi ini tidak hanya memberikan fasilitas perangkat teknologi informasi pendukung saja, tetapi juga harus ada pendampingan, terutama kepada anak," tandasnya.

Inggit menambahkan, dengan indeks literasi yang tinggi pada sebuah kota, akan dapat mengubah nasib seseorang dan generasi muda di masa depan yang sejahtera. 

Sementara itu, Egih Sugiharja Kepala Seksi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Kauman mengatakan, tujuan kegiatan ini yaitu peningkatan minat baca masyarakat wilayah pekalongan, khususnya di wilayah Kauman.

Mengingat anak-anak selama pandemi bersekolah secara daring, sehingga pihaknya inisiatif mengadakan sosialisasi untuk peningkatan minat baca masyarakat, terutama anak-anak.

"Sasarannya kegiatan hari ini yaitu petugas-petugas perpustakaan RT, RW, kelurahan, ibu-ibu PKK, penggerak literasi, siswa di lingkungan kauman, mudah-mudahan perpustakaan kelurahan dapat aktif kembali," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved