Breaking News:

Berita Slawi

Kumpulkan Minyak Jelantah Terbanyak, Warga Slawi Kulon Dapat Bantuan dari Rumah Sosial Kutub.

Tim dari Rumah Sosial Kutub salurkan bantuan pangan dhuafa tersenyum di Slawi Kulon.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Desta Leila Kartika
Penyerahan bantuan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan lansia di wilayah Desa Slawi Kulon, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Kamis (25/11/2021). Adapun bantuan tersebut berasal dari salah satu program unggulan Rumah Sosial Kutub yaitu bantuan pangan bagi dhuafa. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sebagai apresiasi (reward) kepada warga Desa Slawi Kulon, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal yang berhasil mengumpulkan sedekah minyak jelantah dengan jumlah terbanyak, tim dari Rumah Sosial Kutub menyalurkan bantuan pangan dhuafa tersenyum, Kamis (25/11/2021), berlokasi di Balai Desa.

Penyerahan bantuan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan lansia di wilayah Desa Slawi Kulon, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Kamis (25/11/2021). Adapun bantuan tersebut berasal dari salah satu program unggulan Rumah Sosial Kutub yaitu bantuan pangan bagi dhuafa.
Penyerahan bantuan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan lansia di wilayah Desa Slawi Kulon, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Kamis (25/11/2021). Adapun bantuan tersebut berasal dari salah satu program unggulan Rumah Sosial Kutub yaitu bantuan pangan bagi dhuafa. (Tribun Jateng/Desta Leila Kartika)

Hadir pada kegiatan tersebut, mewakili Bupati Tegal Umi Azizah, Asisten ll bidang perekonomian dan pembangunan Sekda Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tegal Eliyah Hidayah, Staff Program Rumah Sosial Kutub Kabupaten Tegal Tersenyum, Nova Risdiawan, dan beberapa pejabat lainnya. 

Program Desa terima sedekah minyak untuk mereka atau disingkat Desa Tersenyum, merupakan program yang dinisiasi oleh Rumah Sosial Kutub. 

Tujuannya, supaya masyarakat tidak menggunakan minyak goreng secara terus menerus sampai menghitam. 

Berlangsung sejak awal tahun 2021, program sedekah minyak jelantah ini merata di 18 Kecamatan wilayah Kabupaten Tegal.

Ditemui saat penyerahan sembako untuk dhuafa, Ketua terima sedekah minyak untuk mereka (Tersenyum) Ceria Desa Slawi Kulon, Bidadari menjelaskan, program sedekah minyak jelantah di wilayahnya sudah berjalan sejak April 2021 sampai sekarang. 

Bahkan, karena mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat, baru bulan kedua wilayahnya mendapat juara satu pengumpul minyak jelantah terbanyak tingkat Kabupaten dan berlanjut pada Oktober. 

Ia pun optimistis bulan November ini wilayahnya kembali mendapat peringkat pertama karena sudah banyak tong yang terpenuhi. 

"Desa Slawi Kulon ada 44 RT dan 9 RW, supaya bisa mendapat minyak jelantah yang banyak, maka tiap RW kami berikan satu tong untuk kemudian disalurkan lagi ke RT, kemudian ke warga. Jika sudah terkumpul, biasanya dari tim Rumah Sosial Kutub sebulan sekali datang mengambil minyak yang terkumpul. Adapun kenapa bisa menjadi juara pertama, karena yang terkumpul 9 tong (jerigen) yang masing-masing berisi 18 liter minyak jelantah," jelas Bidadari, pada Tribunjateng.com, Kamis (25/11/2021). 

Bidadari menyebut, setelah warga mengumpulkan minyak jelantah kemudian diambil oleh tim Rumah Kutub Sosial, nantinya per jerigen diberi harga sekian dan hasilnya digunakan untuk kegiatan sosial. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved