Breaking News:

Berita Kudus

Perluas Akses Pelayanan, BPJS Kesehatan Kerjasama Dengan Dua FKTP

BPJS Kesehatan Cabang Kudus lakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Penulis: raka f pujangga | Editor: sujarwo
Dok. BPJS Kesehatan
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Agustian Fardianto (tengah) saat menandatangani kerjasama dengan dua Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di wilayah Kabupaten Grobogan, Jumat (26/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -  BPJS Kesehatan Cabang Kudus lakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Laboratorium Sarana Medika Purwodadi dan dr. Hendy Ekananda Saputro yang menjadi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Jumat (26/11).

Hal itu dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Grobogan.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Kudus,Sri Sudarti mengatakan, dengan adanya penambahan kerjasama ini, pihaknya berharap kedua FKTP yang telah bekerjasama bisa memberikan pelayanan maksimal kepada peserta JKN-KIS yang membutuhkan pelayanan kesehatan. 

Tentunya sesuai standar dan prosedur pelayanan yang berlaku. Dan menerapkan prinsip pelayanan cepat, mudah dan pasti.

"Penambahan jumlah FKTP ini sejalan dengan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang semakin meningkat. Seiring penambahan jumlah kepesertaan program JKN-KIS di wilayah kerja Kantor Cabang Kudus. Serta tindak lanjut dari pemetaan demografis kebutuhan fasilitas kesehatan di daerah," terang Sudarti, Jumat (26/11/2021).

Sudarti menyampaikan pesan untuk kedua faskes yang baru saja menjalin kerjasama tersebut, agar dapat memberikan pelayanan sesuai standar medis dan peraturan yang berlaku. Serta tidak membeda-bedakan pelayanan kesehatan untuk peserta JKN-KIS dan pasien umum. 

"Setiap pasien memiliki hak yang sama, jadi tidak ada istilah pasien nomer satu dan nomer dua dan seterusnya," ujarnya.

Sementara itu, pimpinan Laboratorium Sarana Medika, Buntris Amperawan mengungkapkan, laborat ini didirikan memang dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan mengakses layanan laboratorium di Kabupaten Grobogan. 

Selama ini hanya menjadi laboratorium jejaring bagi FKTP di wilayah Kabupaten Grobogan.

"Laborat ini merupakan cabang kami yang ke sebelas. Kami sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan selama puluhan tahun dari sejak jaman Askes waktu itu. Untuk itu kami berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS dan masyarakat. Serta akan selalu berupaya meningkatkan pelayanan dengan lebih maksimal," terang Buntris.

Untuk diketahui, setelah ditekennya perjanjian kerjasama, peserta JKN-KIS dapat mengakses layanan kesehatan pada kedua FKTP ini dimulai pada tanggal 1 Desember 2021. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved