Breaking News:

Berita Semarang

Wawalkot Pekalongan Harapkan Penguatan Peran dan Peningkatan Kompetensi Guru

Dinas Pendidikan Kota Pekalongan kerjasama dengan PGRI gelar puncak acara Hari Guru.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Dok. Kominfo Kota Pekalongan
Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin saat memberikan sambutan di acara Hari Guru Nasional, di Hotel Khas Pekalongan, Kamis (25/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dinas Pendidikan Kota Pekalongan bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) setempat, menggelar puncak acara dalam rangka peringatan HUT ke-76 PGRI tahun 2021.

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua guru di Kota Pekalongan.

Di tengah berbagai keterbatasan di era pandemi ini, para guru tetap bisa berkarya dan terus berinovasi, melangsungkan kegiatan belajar mengajar baik secara online maupun offline secara terbatas. 

"Dalam momentum Hari Guru Nasional sekaligus PGRI ke-76, saya berpesan agar PGRI sebagai wadah organisasi guru bisa memotivator para guru untuk merefresh kembali peran guru sebagai figur yang Digugu lan Ditiru. Dalam arti, seorang guru itu harus bisa memberi contoh dan teladan bagi para peserta didiknya," kata Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin saat menghadiri acara Hari Guru Nasional, di 

Hotel Khas Pekalongan, Kamis (25/11/2021).

Pihaknya menjelaskan, digugu yang mengandung arti bahwa, seorang guru harus bisa untuk mempertanggungjawabkan setiap perkataan ataupun ucapannya dan ditiru yang mengandung arti bahwa, seorang tingkah laku atupun perbuatan yang dilakukan seorang guru adalah sebagai contoh.

"Sehingga, akhlak anak-anak yang diampu bisa menjadi semakin bagus dan siap untuk diberikan ilmu yang bermanfaat," jelasnya.

Disamping itu, pihaknya berharap agar para guru terus meningkatkan kompetensinya guna memenuhi standar profesionalisme dalam rangka mengajar dan membimbing anak didiknya.

"Kita ingin kualitas guru juga naik, sehingga PGRI bisa memfasilitasi dengan dinas bagaimana kompetensi guru bisa ditingkatkan melalui berbagai macam diklat atau pelatihan."

"Mereka juga harus mampu, menguasai dan memiliki kemampuan di bidang teknologi digital menyesuaikan era pandemi seperti sekarang dengan adanya pembatasan tatap muka, supaya peserta didik bisa lebih pintar dan cakap secara kemampuan ke depannya," harapannya.

Pada kesempatan tersebut, Wawalkot Salahudin turut menyerahkan penghargaan kepada salah satu guru berprestasi bernama M.Choirul Kamal yang telah meraih juara Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( P4TK) Matematika beberapa waktu lalu. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved