Breaking News:

Uji Formil UU Cipta Kerja

Omnibus Law UU Cipta Kerja Rontok! Ini Titik Lemahnya (1)

MAHKAMAH Konstitusi (MK) telah menjatuhkan vonis UU Cipta Kerja atau yang biasa disebut Omnibus Law sebagai inkonstitusional bersyarat

Editor: abduh imanulhaq
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI menggelar aksi Tolak UU Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2020). 

Oleh: Cecep Burdansyah SH MH, Pengamat Hukum

MAHKAMAH Konstitusi (MK) telah menjatuhkan vonis UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Omnibus Law) inkonstitusional bersyarat, Kamis 25 November 2021. MK memberikan waktu dua tahun kepada pemerintah dan DPR untuk memperbaiki.

Jika tak mampu, Omnbus Law dinyatakan tidak berlaku permanen dan semua UU sebelumnya, seperti UU Ketenagakerjaan, UU Investasi dan UU Perseroan Terbatas dinyatakan berlaku lagi.

Cecep Burdansyah
Cecep Burdansyah (IST)

Putusan ini bisa disebut bersejarah. Karena untuk pertama kalinya MK mengabulkan permohonan uji formil. Selama ini, MK selalu menangani uji materil, dengan batu uji UUD 1945.

Kalau kita hanya membaca berita di media, pasti akan bingung sebab pertimbangan hukumnya tidak dikemukakan secara memadai. Sedangkan selama ini pengetahuan masyarakat, uji materil yang dilakukan MK, batu uji adalah UUD 1945.

Lho kok MK bisa melakukan uji formil? Bukankah itu kewenangan Mahkamah Agung?

Kalau kita membaca seluruh putusan MK No 91/PUU-XVIII-2020, dalil-dalil hukum yang dikemukakan MK sangat masuk akal dan merupakan terobosan hukum, terutama memecah kebuntuan dalam uji formil.

Dari dalil-dalil hukum tersebut, tampak bahwa pemerintah dan DPR sangat tidak cermat mempersiapkan Omnibus Law, sehingga mudah dipatahkan oleh para pemohon yang mengajukan uji formil.

Lalu di mana letak titik lemahnya?

MK menyatakan, berdasarkan UU Kekuasaan Kehakiman, selain MA, MK juga punya kewenangan melakukan uji sebuah UU (pasal 29 ayat 1a).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved