Breaking News:

Berita Semarang

Pelatihan Berjenjang UKM Besutan BALATKOP Jateng, Mampu Serap Tenaga Kerja saat PPKM

Program pelatihan berjenjang yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Balatkop Jateng dinilai sukses.

Penulis: Like Adelia | Editor: m nur huda
Istimewa
Kegiatan pelatihan berjenjang tahap akhir yang digelar oleh Dinas Koperasi Jawa Tengah 

TRIBUNJATENG.COM - Program pelatihan berjenjang yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Balatkop Jateng dinilai sukses.

Bahkan pelatihan ini terbukti mampu menyerap tenaga kerja baru di tengah pandemi Covid-19. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah,Ema Rachmawati dalam pembukaan Pelatihan Berjenhang tahap akhir beberapa waktu lalu di Solo.

“Saya cukup senang dengan pencapaian yang sudah teman-teman UKM lakukan, khususnya ketika PPKM mengguncang banyak pelaku usaha, hari ini justru teman-teman sudah membuktikan bahwa pendampingan dari Balatkop Jawa Tengah sanggup menjadi imunitas bagi para peserta program pelatihan berjenjang (leveling),” kata Ema Rachmawati.

Sebanyak 75 UKM terpilih dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah ikut hadir dalam kegiatan tahap akhir Program Pelatihan Berjenjang yang diselenggarakan oleh Balatkop Provinsi Jawa Tengah.

“Peningkatan performa yang terjadi dalam kurun waktu kurang dari 10 bulan ini benar-benar diluar perkiraan kami, khususnya ketika kami tahu bahwa para UKM berhasil menyerap 304 tenaga kerja baru di tengah kondisi Indonesia yang sedang mengalami PPKM,” tambahnya.

Peserta Pelatihan Berjenjang (Leveling) yang hadir di Solo, Senin itu merupakan UKM yang telah melewati tahapan seleksi secara ketat dari 2.264 pendaftar di bulan januari 2021 yang lalu. 

“Ada 3 kelas utama yang menjadi unggulan dari Program Pelatihan Berjenjang,” ucap Kepala Balatkop Provinsi Jawa Tengah, Hatta Hatnansya Yunus.

“Masing-masing peserta terbagi menjadi 3 jenis pelatihan yakni Managemen Operasional dan SDM, Managemen Pemasaran serta Managemen Usaha dan Keuangan dengan melibatkan 3 mentor utama di setiap kelasnya,” tambahnya.

Program Pelatihan Berjenjang sendiri menurut Hatta merupakan program emas dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah yang telah diketahui oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved