Breaking News:

Berita Regional

Pentolan KKB Papua Ditangkap Aparat, Salah Satu Otak Berbagai Aksi di Yahukimo

Pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ditangkap Satgas Nemangkawi di Kabupaten Yahukimo, Papua, Temianus Magayang.

Editor: m nur huda
Facebook TPNPB
Ilustrasi: KKB Papua 

TRIBUNJATENG.COM, JAYAPURA - Pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ditangkap Satgas Nemangkawi di Kabupaten Yahukimo, Papua, Temianus Magayang.

Penangkapan satu di antara tokoh KKB Papua itu dilakukan di Distrik Dekai, Sabtu (27/11/2021).

"Benar ada penangkapan terhadap salah satu pimpinan KKB Temianus Magayang namun belum ada laporan lengkap," ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani, melalui pesan singkat, Sabtu.

Faizal mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih banyak karena saat ini tim di lokasi penangkapan masih melakukan pendalaman.

Temianus Magayang merupakan salah satu otak dari berbagai aksi kriminal di Yahukimo.

Ia adalah sosok yang mengundang Tendius Gwijangge untuk datang ke Yahukimo dan melakukan serangkaian aksi bersama Senat Soll.

Sedangkan Senat Soll sudah meninggal di Jayapura pada 26 September 2021 karena luka tembak di kaki yang dideritanya saat ditangkap di Dekai pada 1 September 2021.

Senat Woll merupakan pecatan anggota TNI yang lari ke Yahukimo akibat terlibat aksi jual beli amunisi dengan KKB di Kabupaten Mimika pada 2018.

Sementara Tendius Gwijangge yang merupakan mantan anak buah Egianus Kogoya, Pimpinan KKB Nduga, kini berada di Distrik Suru-Suru.

Tendius diyakini menjadi aktor utama penyerangan Koramil Persiapan Suru-Suru pada Sabtu (20/11/2021) pagi.

Kontak senjata sempat terjadi selama 6 jam, dan akibat kejadian tersebut, Sertu Ari Baskoro gugur.

Sementara Komandan Koramil Kapten Inf Arviandi mengalami luka tembak dan bacokan, kini dirawat di RST Marthen Indey Jayapura.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Temianus Magayang, Tokoh KKB di Yahukimo Ditangkap Satgas Nemangkawi

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved