Breaking News:

Berita Semarang

Tim Dosen UT Semarang Seminarkan Hasil Pengabdian kepada Masyarakat

Tim dosen Universitas Terbuka (UT) Semarang menggelar webinar hasil pengabdian kepada masyarakat (PKM), kemarin. Webinar diikuti para guru di berbagai

Penulis: m zaenal arifin | Editor: m nur huda
Tim PKM UT Semarang
Direktur UT Semarang, Moh. Muzammil, membuka webinar hasil PKM yang digelar tim dosen UT Semarang secara virtual. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim dosen Universitas Terbuka (UT) Semarang menggelar webinar hasil pengabdian kepada masyarakat (PKM), kemarin.

Webinar diikuti para guru di berbagai daerah di Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah.

Webinar hasil PKM dibuka langsung oleh Direktur UT Semarang, Moh. Muzammil. Dalam sambutannya, Muzammil mengatakan, tugas dosen selain melaksanakan pengajaran juga dituntut mengadakan PKM.

Dikatakannya, kegiatan PKM harus dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh dosen UT Semarang. Dengan memberikan pelatihan maupun pendampingan ke masyarakat, diharapkan dosen dapat mengaplikasikan keterampilan dan ilmunya.

"Apalagi di era disrupsi seperti sekarang ini, maka guru maupun peserta didik tidak ada pilihan lain kecuali harus adaptif terhadap perubahan teknologi tersebut," kata Muzammil, dalam keterangannya, Sabtu (27/11/2021).

Namun, lanjutnya, ada paradoks di mana guru maupun peserta didik masih dalam taraf mengenal teknologi. Tetapi sisi lain, Indonesia sudah akan menyongsong era masyarakat 5.0.

Berangkat dari permasalahan tersebut, dosen UT Semarang dituntut untuk menularkan pengalaman, ilmu, dan keahlian kepada masyarakat, terutama para guru sehingga masyarakat mereka lebih sigap dalam mengadopsi teknologi dalam pendidikan.

"Melalui kegiatan PKM, masyarakat luas khususnya guru dan peserta didik dilatih untuk lebih mahir dan melek teknologi walaupun pada jenjang pendidikan sekolah dasar," tandasnya.

Muzammil berharap, webinar PKM tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat lebih luas, khususnya para guru, tutor, maupun mahasiswa PGSD.

Selain itu, masyarakat khususnya guru diharapkan bisa transfer knowledge dan skills pada peserta didik dan wali murid tentang penggunaaan teknologi dalam dunia pendidikan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved