Breaking News:

Berita Sragen

Tutup Selama Pandemi Covid-19, Pemkab Sragen Kimi Uji Coba Buka Objek Wisata Bayanan Sragen

Obyek wisata Bayanan, Sragen akhirnya diuji coba buka oleh Pemkab Sragen melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Sragen.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: moh anhar
Dispora Sragen
Suasana uji coba pembukaan di taman Gua Gong di Obyek Wisata Bayanan, Sambirejo, Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Objek wisata Bayanan, Sragen akhirnya diuji coba buka oleh Pemkab Sragen melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Sragen pada, Sabtu (27/11/2021) kemarin.

Uji coba ini dilakukan setelah, Pemkab Sragen menutup wisata pemandian air panas yang berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo tersebut sejak Pandemi Covid-19.

Kepala Dispora Sragen, Yusep Wahyudi mengatakan uji coba objek wisata Bayanan ini akan dilanjutkan dengan pembukaan secara terbatas, Rabu (1/12/2021) mendatang.

Baca juga: Dinas Perikanan Kota Semarang Ingin TPI Sementara Tambaklorok Bisa Dukung Wisata Bahari

Baca juga: Indonesia Vintage Festival III Digelar di Kota Semarang, Jadi Ajang Berburu Barang Antik

"Kemarin obyek wisata Bayanan sudah kami uji coba buka. Rencana Desember nanti akan kami buka terbatas," kata Yusep, sapaan akrabnya kepada Tribunjateng.com, Minggu (28/11/2021).

Dia melanjutkan uji coba ini perlu dilakukan, mengingat objek wisata Bayanan sudah tutup sejak Pandemi Covid-19 melanda Indonesia

Uji coba ini meliputi penggunaan aplikasi Peduli Lindungi yang harus dipindai oleh para pengunjung yang nantinya akan berkunjung.

Selain itu, sebagi proses persiapan pengelola apabila pengunjung membludak.

"Kita menguji coba untuk aplikasi peduli lindungi, cara menerima pengunjung supaya sesuai protokol kesehatan bagaimana? Kalau nanti banyak orang datang kita harus atur bagaimana? kalau tidak kita uji coba nanti ditakutkan kebingungan," terangnya.

Yusep melanjutkan, yang akan dibuka terbatas terlebih dahulu ialah taman dan bukit. Sementara untuk pemandian air hangat masih belum dibuka.

"Kami akan buka terutama bagian taman. Karena pada umumnya pengunjung lebih menikmati bersantai di area Taman Bukit Gong. Untuk wisata airnya belum dibuka, jadi hanya taman saja," lanjut Yusep.

Pihaknya memastikan obyek wisata di Sragen seperti Museum Purba Sangiran, Gunung Kemukus dan Bayanan akan dibuka sampai menjelang penerapan PPKM Level 3.

Dengan dibukanya wisata Bayanan ini diharapkan menggairahkan perekonomian masyarakat.

Namun karena pemerintah pusat bakal menerapkan PPKM level 3 di akhir tahun, operasional Bayanan bakal menyesuaikan.

Baca juga: Resensi Buku: Sudahi Kebohonganmu, Mari Bersikap Bodo Amat!

Baca juga: Mobil Dijual Baru dan Bekas di Semarang Murah Berkualitas Minggu 28 November 2021

Terpisah, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati memperbolehkan dan mewanti-wanti pengelola Bayanan tetap patuh pada regulasi pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kalau Bayanan mau buka uji coba, silakan. Tidak ada masalah yang penting tetap ikut regulasi. Tapi tidak pada masa libur akhir tahun ini," kata bupati. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved