Breaking News:

Berita Batang

Diskominfo Batang Berikan Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mengumumkan dan memberikan penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik

Penulis: dina indriani | Editor: galih permadi
dok Diskominfo Batang
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mengumumkan dan memberikan penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Perangkat Daerah dan Pemerintah Desa di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Senin (29/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mengumumkan dan memberikan penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Perangkat Daerah dan Pemerinta Desa di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Senin (29/11/2021).

Kepala Diskominfo Kabupaten Batang Triossy Juniarto mengatakan, pengumuman penghargaan keterbukaan informasi badan publik sangat penting disampaikan apalagi bertepatan HUT Korpri Ke-50 yang semangatnya Aparatur Sipil Negara (ASN) bersatu Korpri Tangguh Indonesia Tumbuh.

“Pada tahun ini keterbukaan informasi badan publik Pemerintah desa pemenang juara pertama hingga ketiga semuanya beda dari tahun kemarin, ini menunjukkan ketatnya persaingan keterbukaan informasi di desa-desa sehingga menciptakan persaingan yang positif pelayanan informasinya,” jelasnya.

Lebih lanjut, kasil keterbukaan informasi badan publik perangkat daerah untuk peringkat pertama ada Bapelitbang dengan kategori informatif dengan nilai 90,6.

Peringkat kedua DPMPTSP kategori informatif dengan nilai 89,6, dan peringkat tiga diraih oleh Kecamatan Reban kategori informatif dengan nilai 83,8 satu-satunya kecamatan yang masuk finalis 10 besar keterbukaan informasi badan publik perangkat daerah.

Kemudian, hasil keterbukaan informasi badan publik Pemerintah desa untuk peringkat pertama adalah Desa Penundan Kecamatan Banyuputih dengan nilai 68,17.

Peringkat kedua Desa Wonotunggal Kecamatan Wonotunggal dengan nilai 61,10, dan peringkat ketiga Desa Tegalsari Kecamatan Kandeman dengan nilai 60,33 yang ketiganya yang berkategori menuju informatif dari 10 finalis.

Sementara, Bupati Batang Wihaji menyampaikan penghargaan keterbukaan informasi badan publik perangkat daerah dan pemerintah desa ke depan harus ada apresiasinya yang lebih menghargai mereka yang telah melakukan keterbukaan informasi untuk masyarakat Kabupaten Batang.

“Dengan adanya keterbukaan informasi badan publik yang informatif menjadikan Pemerintah Kabupaten Batang dapat transparan informasi dalam hal apa saja kecuali yang dikecualikan oleh undang-undang yang berlaku,” terangnya.

Lebih lanjut, ke depannya badan publik di Kabupaten Batang harus semakin bertambah banyak terutama bagi desa-desa yang belum ada badan publiknya.

"Ayo untuk para kepala desa bisa menindaklanjuti membuat keterbukaan informasi badan publik untuk masyarakat kita sendiri yang manfaatnya begitu banyak seperti bisa menginformasikan progres perkembangan dana desa," imbuhnya.

Kepala Desa Penundan Achmad Yusuf mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian Pemerintah Desa Penundan yang telah mendapatkan penghargaan keterbukaan informasi badan publik Pemerintah desa menuju informatif yang merupakan penghargaan pertama kita di Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Apalagi pada tahun ini Pemerintah Desa Penundan baru masuk 10 finalis pemeringkatan kemarin karena pada tahun sebelumnya tidak pernah masuk.

“Kedepannya yang jelas kita ada arah mendapatkan kategori informatif untuk keterbukaan informasi badan publik Pemerintah desa pada tahun depan, ini semangat bersama untuk saya dan berupaya memaksimalkan semua perangkat yang ada di desa kita,” pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved