Breaking News:

Berita Nasional

Kerajaan Arab Saudi Izinkan Penerbangan Langsung dari Indonesia Mulai 1 Desember 2021

Pemerintah Arab Saudi memasukkan Indonesia dalam daftar negara yang boleh melakukan penerbangan langsung masuk ke negaranya mulai 1 Desember 2021.

Editor: m nur huda
Kompas.com/Istimewa
Ratusan jemaah Muslim mengelilingi Kabah di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli, 2020.(AP/STR) 

TRIBUNJATENG.COM - Pemerintah Arab Saudi memasukkan Indonesia dalam daftar negara yang boleh melakukan penerbangan langsung masuk ke negaranya mulai 1 Desember 2021.

Hal tersebut diketahui dari pengumuman Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah yang disampaikan di laman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), kemlu.go.id, Jumat (26/11/2021).

Dijelaskan bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan kebijakan terbaru, yaitu pencabutan penangguhan kedatangan langsung dari 6 negara, Indonesia, Brasil, India, Mesir, Pakistan, dan Vietnam.

Kebijakan itu berlaku mulai Rabu, 1 Desember 2021, pukul 01.00 dini hari waktu Arab Saudi.

Saat dikonfirmasi, Konjen RI Jeddah Eko Hartono membenarkan Kerajaan Arab Saudi sudah mengizinkan penerbangan langsung dari Indonesia mulai 1 Desember 2021.

"Iya, itu betul," ujar Eko saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/11/2021) siang.

Penumpang penerbangan yang datang dari 6 negara tersebut termasuk Indonesia, tidak perlu lagi karantina 14 hari seperti kebijakan sebelumnya.

Namun, penumpang yang telah divaksin, baik di Indonesia atau luar Kerajaan Arab Saudi, diwajibkan untuk melaksanakan karantina institusional selama lima hari.

"Tapi dengan catatan setibanya di sini (Arab Saudi), karantina 5 hari. Jadi tidak memandang vaksin yang digunakan. Semua harus karantina," terang Eko.

Ia menjelaskan, karantina institusional layaknya karantina wajib yang diterapkan di Indonesia, tentunya dengan biaya pribadi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved