Breaking News:

Berita Batang

PCNU Batang Dorong Antisipasi Kekerasan Seksual Perempuan di Bawah Umur

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Batang terus mendorong langkah antisipasi kasus kekerasan seksual kepada perempuan

Penulis: dina indriani | Editor: Catur waskito Edy
Tribunwow
Ilustrasi pencabulan 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG -- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Batang terus mendorong langkah antisipasi kasus kekerasan seksual kepada perempuan di bawah umur di wilayah itu, menyusul angkanya yang tercatat masih cukup tinggi.

Hal itu seperti dilakukan melalui seminar kampanye anti kekerasan seksual yang diselenggarakan secara virtual di Ruang Panitia DPRD, Kabupaten Batang, Sabtu (27/11).

Ketua PCNU Kabupaten Batang, sekaligus Kepala Disdikbud Kabupaten Batang, Achmad Taufiq mengatakan, kekerasan seksual semakin ke sini semakin marak terjadi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Batang.

Banyak yang korbannya yaitu perempuan di bawah umur.

“Beberapa bulan yang lalu saya sedang menjenguk keluarga di rumah sakit, saya melihat siswi MTS sedang diperiksa fisum dokter, karena dibawa sama pacarnya ke rumah, dan kebetulan orangtuanya tidak berada di tempat, pada akhirnya berhubungan suami istri keduanya,” tuturnya.

Menurut dia, ada beberapa kasus lagi yang korbannya perempuan di bawah umur, bahkan ada yang masih kelas 3 Sekolah Dasar.

Taufiq menyebut, kondisi seperti ini sangat memprihatinkan.

Sehingga, ia pun mendorong potensi kasus-kasus itu harus disampaikan secara luas, seperti dalam forum wali murid, pertemuan komite sekolah, dan pertemuan kepala sekolah, agar sosialisasi antikekerasan seksual bisa dipahami dan diantisipasi.

“Maksud kami menyampaikan begitu agar terhentak hatinya (pihak-pihak terkait-Red), supaya lebih serius menangani dan memperhatikan kondisi sosial kemasyarakatan.

Jadi bagi para orangtua yang berada tidak di rumah atau sibuk bekerja, perlu berkomunikasi dengan anaknya, agar (anak-Red) mau bercerita jika ada hal-hal yang negatif yang menimpa padanya,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved