Breaking News:

Berita Sragen

19 Sekolah Peserta Adiwiyata Tingkat Kabupaten Akan Maju ke Tingkat Provinsi Jateng Tahun Depan

DLH Sragen mencatat ada sembilan sekolah yang menyandang predikat sekolah adiwisata tingkat mandiri dan enam sekolah adiwiyata nasional pada 2021.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati (tengah) ketika berfoto bersama pemenang gelar Adiwiyata tingkat kabupaten. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sragen mencatat ada sembilan sekolah yang menyandang predikat sekolah adiwisata tingkat mandiri dan enam sekolah adiwiyata nasional pada 2021. 

Selain itu, lima sekolah dari 19 sekolah di Sragen terpilih menjadi sekolah Adiwiyata terbaik tingkat Kabupaten Sragen pada 2021, dimana penghargaan diberikan hari ini di Gedung Sasana Manggala Sukowati, Selasa (30/11/2021).

Kelima sekolah ini adalah juara 1 Mts 4 Sragen, juara 2 SMPN 1 Plupuh, juara 3 SDN Pilangsari 1, juara harapan 1 SMP Birrul Walidain dan juara harapan 2 SMPN 1 Tangen.

Baca juga: Oknum Polisi di Pati Selingkuhi Istri Orang, Suami: Saya Temukan Video Syur Tersimpan di Flashdisk

Baca juga: Suami Merantau ke Jepang, Istri di Pati ini Selingkuh dengan Oknum Polisi

Kepala DLH Sragen, Samsuri mengatakan selain lomba Adiwiyata, Gelar Adiwiyata ini juga menyelenggarakan lomba Pengomposan dan lomba Inovasi LH.

"Lomba-lomba ini digelar untuk menumbuhkan kepedulian dan kecintaan generasi muda terhadap lingkungan hidup. Selain itu, diharapkan kecintaan terhadap lingkungan hidup menjadi budaya di sekolah," katanya.

Samsuri mengatakan untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat mandiri membutuhkan dukungan semua pihak.

Dalam gelar Adiwiyata tingkat kabupaten ini diikuti sebanyak 19 sekolah baik tingkat SD maupun SMP negeri maupun swasta di Kabupaten Sragen.

Sebanyak 19 sekolah ini tahun depan berkesempatan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Samsuri mengatakan 19 sekolah ini akan mengikuti seleksi dari provinsi.

"Total ada 19 sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten Sragen dan semua berkesempatan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022, kita ajukan. Entah nanti diverifikasi jadi berapa," kata Samsuri. 

Pada 2021, Samsuri mengatakan ada tiga sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Jateng, yakni SDN 3 Sambirejo, SMPN 2 Masaran, dan SMPN 1 Gesi. 

Kemudian untuk tingkat nasional dan mandiri, pihaknya mengusulkan 40 sekolah tetapi yang masuk kategori nasional dan mandiri hanya 15 sekolah.

Prestasi ini tentu diapresiasi Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Dirinya merasa bangga dari 40 sekolah di Jawa Tengah yang masuk kategori sekolah adiwiyata nasional dan mandiri, 15 sekolah diantaranya merupakan sekolah di Sragen.

Baca juga: PNS Akan Diganti Dengan Robot Artificial Intelligence, Ini Penjelasan BKN

Baca juga: PBB Khawatir Afrika Terisolasi Akibat Dampak Covid-19 Omicron

"Selamat kepada sekolah yang menang dan saya mengapresiasi 15 sekolah di Sragen yang masuk kategori sekolah Adiwiyata Nasional dan mandiri," katanya.

Dirinya berharap dengan Adiwiyata ini, tidak hanya dari segi fisik yakni kelestarian lingkungan sekolah yang sekolah harus penuhi, tetapi yang paling penting adalah perubahan perilaku anak didik. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved