Breaking News:

Berita Banjarnegara

Kenaikan Cabai, Minyak dan Telur Berpotensi Sumbang Inflasi Jelang Nataru

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, harga sejumlah barang kebutuhan pokok naik.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/ Idayatul Rohmah
Ilustrasi. Pedagang sayur menunjukkan cabai dagangannya, Senin (29/11/2021). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, harga sejumlah barang kebutuhan pokok naik. Khusus minyak goreng kemasan bahkan sudah naik cukup lama. 

Di Kabupaten Banjarnegara, minyak goreng kemasan di tingkat eceran kini bahkan sudah mencapai Rp 19 ribu sampai Rp 20 ribu perliter.  

Ternyata bukan hanya minyak goreng yang naik, harga beberapa komoditas penting lain juga naik, yakni cabai dan telur ayam ras. 

Harga telur yang sebelumnya sempat anjlok hingga di bawah Rp 19 ribu perkilogram, kini merangkak naik hingga di kisaran Rp 23 ribu di tingkat eceran.  Sementara harga cabai merah di kisaran Rp 40 ribu perkilogram. 

"Secara umum, harga kebutuhan pokok masyarakat di Jawa Tengah masih stabil. Kecuali tiga komoditas itu, minyak, telur dan cabai, " kata Kabid Perdagangan Dinas Indagkop Kabupaten Banjarnegara Suroso, Selasa (30/11/2021) 

Menurut Suroso, kenaikan ketiga komoditas itu yang diprediksi menyumbang inflasi pada momentum Natal dan Tahun Baru 2022. 

Suroso mengungkap penyebab kenaikan  tiga komoditas itu. Kenaikan harga minyak goreng kemasan karena harga minyak sawit mentah (CPO) dunia naik. 

Permintaan CPO untuk industri biodisel juga meningkat. Sementara produksi CPO nasional menurun.  Adapun kenaikan harga cabai dipicu menurunnya suplai komoditas itu yang menurun dari petani. 

Kenaikan harga telur sebenarnya hanya penyesuaian menuju stabitas harga karena sebelumnya sempat anjlok. 

"Harga telur sebenarnya sedang penyesuaian menuju stabil. Karena sebelumnya anjlok, " katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved