Breaking News:

Berita Batang

PAD Parkir Capai 85 Persen, Dishub Batang Optimis Penuhi Target Hingga Akhir Tahun

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Batang hingga saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi parkir di Batang baru terrealisasi seki

Penulis: dina indriani | Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG / DINA INDRIANI
Salah satu petugas parkir saat merapikan kendaraan di Alun-alun Batang. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Batang hingga saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi parkir di Batang baru terealisasi sekitar 85 persen.

Kepala Dishub Batang, Murdiono melalui Kabid Lalu Lintas, Gandi mengatakan adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turut mempengaruhi PAD retribusi parkir.

"Dengan pandemi ini tentu juga berpengaruh, karena beberapa potensi tidak bisa dimaksimalkan apalagi dengan adanya PPKM, aktivitas ekonomi menurun dan akhirnya turut berdampak," tuturnya, Selasa (30/11/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya, awalnya pihaknya menargetkan Rp 1,3 Miliar tetapi diturunkan menjadi Rp 850 Juta 

"Di November ini sudah terealisasi 85 persen, akhir tahun mudah-mudahan target bisa terrealisasi," ujarnya.

Menurutnya, dibandingkan dengan tahun 2020 potensi PAD parkir secara logika lebih menurun. 

Hal ini lantaran jangka waktu pemberlakuan PPKM yang panjang di tahun 2021 hal ini juga disebabkan banyaknya titik potensi parkir yang tidak beroperasi selama pandemi. 

Untuk tarif parkir masih tetap sesuai dengan Perbup Nomor 63 tahun 2017, dimana untuk kendaraan roda dua Rp 1 Ribu dan kendaraan roda empat Rp 2 Ribu.

"Awalnya ada 238 titik parkir seluruh Batang. Tetapi ketika pandemi menyusut kurang lebih sekitar 213-an titik," imbuhnya. 

Pihaknya juga menjelaskan, ke depannya ada pengurangan titik-titik parkir lantaran perpindahan status lahan parkir, untuk tahun 2022 nanti. 

"Di beberapa titik nantinya akan berstatus parkir khusus sehingga nantinya retribusi parkir tidak akan masuk ke ranah Dishub Batang tetapi ke DPPKAD Batang seperti parkir di HKR, parkir MPP, Pujasera Kalisari Batang dan lainnya," pungkasnya. (din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved