Breaking News:

Kasus HIV/Aids Turun 28 Persen Selama Pandemi

Kasus Orang Dengan HIV/Aids mengalami penurunan hingga 28 persen selama pandemi.

Penulis: raka f pujangga | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Raka F Pujangga
Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan kabupaten (DKK) Kudus, Nuryanto,? saat ditemui di ruangannya, Rabu (1/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Kasus Orang Dengan HIV/Aids (ODHA) mengalami penurunan hingga 28 persen selama pandemi berlangsung pada tahun 2021 ini.

Kasus HIV/Aids‎ tahun 2019 sebanyak 154 kasus, kemudian turun menjadi 123 kasus pada tahun 2020.

Tahun ini, sampai September 2021 jumlah kasus yang tercatat mengalami penurunan lagi sebesar 28 persen menjadi 88 kasus.

"Kalau dibandingkan dengan kasus tahun lalu memang mengalami penurunan selama pandemi," ujar Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan kabupaten (DKK) Kudus, Nuryanto,‎ saat ditemui di ruangannya, Rabu (1/12/2021).

Turunnya kasus selama pandemi itu diperkirakan seperti fenomena gunung es yang terlihat kecil di permukaan.

Namun sebenarnya ‎kasus itu banyak terjadi tidak terlihat karena banyak penyintas yang tidak memeriksakan kondisi kesehatannya.

"Selama pandemi mereka tidak mau memeriksakan kesehatannya karena khawatir dengan virus corona," ujar dia.

Pada Hari Aids Sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2021, pihaknya berharap ada kesadaran untuk tidak melakukan perilaku seks buruk.

Apalagi dominasi kasus HIV/Aids memang didominasi laki-laki. Dari 88 kasus tahun ini, 59 orang di antaranya laki-laki dan 29 orang lainnya perempuan.

"Kebanyakan laki-laki itu kemungkinan karena mereka berhubungan dengan wanita yang sebelumnya juga melakukan hubungan dengan orang lain," kata dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved