Breaking News:

Liputan Khusus

Kepala DPMPTSP Pastikan Perizinan Investasi di Jateng Mudah

Di antaranya ciptakan iklim usaha yang kondusif, ketersediaan infrastruktur pendukung investasi, dan ketersediaan tenaga kerja dengan upah yang kompet

Penulis: faisal affan | Editor: m nur huda
Dok. Humas Pemprov Jateng
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng, Ratna Kawuri, memberikan keterangan terkait hasil Central Java Investment Business Forum (CJIBF) 2021, Senin (15/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Untuk menggenjot target investasi yang sudah ditetapkan, ada beberapa strategi yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Tengah.

Di antaranya ciptakan iklim usaha yang kondusif, ketersediaan infrastruktur pendukung investasi, dan ketersediaan tenaga kerja dengan upah yang kompetitif.

"Selain itu ada peluang investasi yang siap ditawarkan. Pemprov Jateng juga bekerjasama dengan kementerian investasi atau BKPM dan Kementerian Luar Negeri dalam menarik investor baru," kata Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah, Ratna Kawuri.

Sudah ada 44 calon investor dari dalam dan luar negeri sudah melakukan Letter Of Intent (LOI) dengan nilai investasi sebesar Rp 39 triliun.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, dalam rangka penyiapan kawasan industri baru dan percepatan penyediaan infrastruktur pendukung.

Pengawalan dan pendampingan dalam rangka percepatan real investasi dari perusahaan yang telah menyatakan kepeminatan secara end to end.

"Kami juga membantu memfasilitasi penyelesaian masalah investasi. Termasuk memberikan kemudahan akses informasi dan pelayanan perizinan," ucapnya.

Terkait pola lama birokrasi perizinan yang menghambat investasi, Ratna menegaskan sudah tidak ada lagi. Karena terbantu dengan adanya UU Cipta Kerja dan peraturan pelaksanaannya.

"Apabila UU dan PP bisa terimplementasi dengan baik, sudah tidak ada lagi hambatan birokrasi yang tidak relevan," tuturnya.

Kabupaten yang juga getol menggaet investor adalah Kabupaten Pati. Bupati Pati, Haryanto memastikan bahwa Pati adalah tujuan investasi yang baik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved