Breaking News:

Berita Sragen

MTsN 4 Sragen Satu-satunya Madrasah yang Memperoleh Juara Adiwiyata di Dua Kategori

MTs Negeri 4 Sragen satu-satunya madrasah yang memperoleh Adiwiyata dua kategori sekaligus dalam Gelar Adiwiyata tingkat Kabupaten.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: moh anhar
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Kepala MTSN 4 Sragen, Sumanto (paling kiri) ketika menerima penghargaan lomba Adiwiyata tingkat kabupaten, Selasa (30/11/2021) kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – MTs Negeri 4 Sragen satu-satunya madrasah yang memperoleh Adiwiyata dua kategori sekaligus dalam Gelar Adiwiyata tingkat Kabupaten.

MTs Negeri 4 Sragen mendapatkan penghargaan dalam dua kategori, yaitu juara 1 lomba Adiwiyata dan juara 2 kategori lomba inovasi lingkungan hidup.

Kedua penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala MTsN 4 Sragen Sumanto, di Sasana Manggala Sukowati (SMS) Kabupaten Sragen, Selasa (30/11/2021) kemarin.

Baca juga: Tumpah Ruah Ribuan Suporter Sambut Kedatangan Persijap Jepara di Gelora Bumi Kartini

Baca juga: Temui Pelaku Usaha Hotel dan Restoran, Bupati Jepara Dian Kristiandi Terima Banyak Masukan

Penghargaan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Sragen No. 660.1/55/003/2021.

Gelar Adiwiyata sendiri diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sragen.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada seluruh bapak dan ibu guru serta pegawai MTs Negeri 4 Sragen, komite madrasah, seluruh siswa dan orang tua yang telah bekerja keras dan memberikan dukungan penuh."

"Sehingga kita bisa memperoleh juara dua kategori sekaligus dan yang lebih membanggakan lagi kita satu-satunya madrasah di kabupaten sragen yang mendapat juara Adiwiyata," kata Sumanto.

Sumanto mengaku akan bersama-sama mempersiapkan MTSN 4 Sragen agar lebih baik lagi dan siap bisa mengikuti gelar Adiwiyata kembali. Ia melanjutkan madrasahnya bisa meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jateng.

Dirinya berharap hal ini menjadi motivasi warga madrasah yakni untuk meningkatkan sikap peduli dan berbudaya lingkungan agar menjadi penguatan karakter, khususnya seluruh warga MTsN 4 Sragen.

"Mindset-nya Adiwiyata itu bagaimana mengubah perilaku, pola pikir, kita harus mencintai lingkungan, melestarikan lingkungan. Harapan ke depan, kami berobsesi untuk bisa meraih Adiwiyata tingkat Nasional," imbuhnya.

Baca juga: Hasil BWF World Tour Finals 2021 Marcus/Kevin Kalahkan Peraih Medali Emas Olimpiade

Baca juga: Detik-detik Mobil Vios Terbakar di Tol Kendal, Begini Nasib Penumpang

Diterangkannya, pihak madrasah berupaya mengkondisikan madrasah sebagai pusat belajar siswa yang nyaman, bersih, sehat, lingkungan asri dan menanamkan kepada warga madrasah untuk peduli lingkungan.

Gerakan peduli lingkungan seperti menanam pohon, mengelola sampah, meminimalkan energi listrik, menghemat air hingga makanan sehat di kantin.

"Di madrasah kita tidak ada asap rokok dan mengurangi limbah plastik. Itu semua langkah kami untuk peduli lingkungan, semoga tahun depan lebih baik lagi," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved