Breaking News:

OPINI

OPINI DR Aji Sofanudin: Jelang Muktamar NU

TENSI jelang muktamar NU mulai menghangat. Sebanyak 27 Pengurus Wilayah NU se-Indonesia menandatangani pernyataan mendukung percepatan Muktamar ke-34

tribunjateng/bram
Opini ditulis oleh Dr Aji Sofanudin, M.Si/Peneliti pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang 

Oleh DR. Aji Sofanudin
Peneliti pada Islamic Research Center Jateng

TENSI jelang muktamar NU mulai menghangat. Sebanyak 27 Pengurus Wilayah NU se-Indonesia menandatangani pernyataan mendukung percepatan Muktamar ke-34 NU.

Ke-27 pengurus PWNU tersebut berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Aceh, Sumut, Sumsel, Sumbar, Bengkulu, Lampung, Kaltim, Kalteng, Kalsel, dan Kalbar. Selain itu juga Bali, NTT, NTB, Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Gorontalo, Sulut, Maluku, Maluku Utara, hingga Papua Barat (Kompas, 22/11/2021).

Sebelumnya, Munas Alim Ulama dan Konbes NU beberapa waktu yang lalu memutuskan Muktamar ke-34 NU dilakukan tanggal 23-25 Desember 2021. Kepastian tanggal pelaksanaan muktamar ke-34 NU akhirnya menemui titik terang.

Rais Am Syuriah PBNU sebagai pemegang tongkat komando tertinggi di NU, KH Miftahul Akhyar, telah menerbitkan surat perintah agar mengambil langkah-langkah terukur untuk menyelenggarakan muktamar NU dilaksanakan pada 17 Desember 2021.

Kegiatan ini hampir pasti akan menyedot perhatian publik. Mafhum bahwa NU merupakan ormas Islam besar yang memiliki pengaruh kuat di republik ini. Salah satu isu penting adalah perihal pemilihan Ketua Umum Tanfidziyah PBNU.

Dinamika Muktamar

Pemilihan ketua Umum Tanfidziyah PBNU diprediksi akan menggerus konsentrasi muktamar yang rencananya digelar di Lampung.

Dua kandidat utama yakni petahana, KH Said Aqil Siradj dan Katib Aam Syuriah PBNU KH Yahya Cholil Tsaquf (Gus Yahya) dipastikan akan maju mewakafkan dirinya untuk menjadi Ketua Umum Tanfidziyah PBNU.

Sementara Rais Aam Syuriah hampir pasti akan tetap “dipegang” oleh KH Miftakhul Akhyar, yang saat ini menjadi Ketua Umum MUI Pusat.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved