Breaking News:

Berita Tegal

Penataan Kali Siwatu Tegal Selesai, Pemkot Bakal Ajukan Pengembangan RTH Ke Kementerian PUPR

Pemerintah Kota Tegal kini berencana mengembangkan kawasan tersebut dengan mengajukan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH).

Penulis: Fajar Bahruddin Achmad | Editor: m nur huda
Istimewa Humas Kota Tegal 
Penampakan dari atas kawasan Kali Siwatu Tegalsari, Kota Tegal, Selasa (30/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Penataan kawasan Kali Siwatu Tegalsari di Tegal Barat, Kota Tegal, telah selesai. 

Pemerintah Kota Tegal kini berencana mengembangkan kawasan tersebut dengan mengajukan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH).

Desainnya RTH tersebut akan dilengkapi pasar apung atau floating market yang diharapkan menjadi destinasi wisata baru di Kota Tegal

Rencana tersebut dipaparkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Tegal Eko Setyawan, dihadapan Sekretaris Direktorat Jendral Cipta Karya Didiet Arief Akhdiat dan Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Direktorat Jendral Cipta Karya Dian Irawati, saat meninjau Kali Siwatu, Selasa (30/11/2021).

Hadir juga dalam kesempatan itu Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono. 

Rencana pengembangan tersebut diapresiasi oleh Sekretaris Direktorat Jendral Cipta Karya Didiet Arief Akhdiat. 

Menanggapi itu, Didiet menyampaikan agar Pemerintah Kota Tegal dapat menyampaikan secara langsung kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono.

Kepala Disperkim Kota Tegal, Eko Setyawan mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti arahan dari Sekretaris Direktorat Jendral Cipta Karya untuk menyampaikan langsung perihal permohonan proposal pengembangan wilayah Kali Siwatu ke Menteri PUPR.

“Tanggapan dari sekretaris dirjen, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Pemkot Tegal yang bekerjasama dengan pihaknya. Namun terkait dengan usulan Pemkot Tegal tentang proposal pengembangan floating market Sungai Siwatu, agar Pemkot Tegal menyampaikan secara langsung ke Menteri PUPR,” ujar Eko dalam rilis yang diterima tribunjateng.com

Langkah selanjutnya, Eko berencana akan mengajukan permohonan audiensi dengan Menteri PUPR terkait dengan permohonan tersebut.

Eko berharap, program pengembangan Kali Siwatu dapat berlanjut.

Sehingga ada kesinambungan proyek yang saat ini sudah diselesaikan dengan pekerjaan lanjutannya. 

“Diharapkan pengembangan ini dapat meningkatnya ekonomi masyarakat di sekitar Sungai Siwatu. Karena nantinya masyarakat sekitar bukan sebagai penonton, tetapi dilibatkan aktif dalam kawasan tersebut,” ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved