Breaking News:

Berita Purbalingga

Purbalingga Luncurkan Program 'Gerakan Mageh Padha Sekolah', Entaskan Anak Tidak Sekolah

Sebagai upaya percepatan penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) Pemkab Purbalingga luncurkan program 'Gerakan Mageh Padha Sekolah (GMPS)

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: muslimah
Humas Pemkab Purbalingga
Peluncurkan program 'Gerakan Mageh Padha Sekolah (GMPS), Rabu (1/12/2021) di Pendopo Dipokusumo yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga, Herni Sulasti. 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Sebagai upaya percepatan penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) Pemkab Purbalingga luncurkan program 'Gerakan Mageh Padha Sekolah (GMPS), Rabu (1/12/2021) di Pendopo Dipokusumo. 

Gerakan ini dilakukan agar anak usia sekolah belum sekolah, putus sekolah dan yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang minimal tingkat menengah atas dapat kembali ke sekolah. 

Data Susenas, 2020 menunjukkan di Purbalingga terdapat 20.283 anak usia 7 - 18 tahun tidak sekolah. 

Hal ini juga untuk mengetahui penyebab tidak sekolah, dilakukan pendataan melalui SIPBM (Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat) di 4 desa. 

Keempat desa yang menjadi piloting yaitu Desa Jatisaba, Kertanegara, Panusupan dan Kembangan.

"Tahun 2022 rencana akan dilakukan perluasan replikasi penanganan ATS ke seluruh desa di Purbalingga guna mempercepat penurunan ATS," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Purbalingga, Suroto kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis. 

Untuk percepatan, selain dibentuk Tim GMPS, juga pemberian Bantuan Sosial Beasiswa Kurang Mampu untuk Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (AUSTS). 

Khususnya untuk SD MI, SMP atau MTs dan Kejar Paket A/B di Purbalingga tahun 2021.

"Jumlah penerima sebanyak 1132 anak ditambah 15 anak hasil pendataan SIPBM di 4 desa piloting," lanjutnya. 

Dilaporkan, progres sampai saat ini total jumlah anak hasil pendataan di 4 desa piloting yang sudah terdaftar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebanyak 31 orang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved