Breaking News:

Fokus

Fokus : Menyingkap Misteri Kota Lama 

TEMUAN balok kayu yang berada di dasar Kali Semarang memunculkan penasaran, kenapa balok kayu ada di situ? Apa fungsi balok kayu pada zaman dulu?

Penulis: moh anhar | Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/bram
Moh Anhar wartawan Tribun Jateng ok 

Oleh Moh Anhar

Wartawan Tribun Jateng

TEMUAN balok kayu yang berada di dasar Kali Semarang memunculkan penasaran, kenapa balok kayu ada di situ? Apa fungsi balok kayu pada zaman dulu?

Seperti diberitakan Tribun Jateng, adakah balok kayu tersebut terkait dengan sejarah masa lalu perkembangan Kota Semarang?

Dari segi fisik, yang namanya balok kayu tentu biasa saja, berbentuk persegi panjang. Namun, bila benda itu terbukti memiliki nilai sejarah yang tinggi, maka tentu akan lebih memiliki daya pikat yang tinggi pula.

Bermula dari unggahan informasi yang disampaikan Pegiat Sejarah Semarang, Tjahjono Rahardjo terkait penemuan balok kayu dan sejumlah patok di Kali Semarang oleh petugas kebersihan, Tjahjono berharap ada kajian terhadap benda tersebut oleh pihak yang berwenang.

Ada yang menyebut balok kayu itu terkait moda transportasi trem yang pernah beroperasi di Semarang. Ada pula yang memperkirakan sebagai sarana tambatan perahu yang dulunya Kali Semarang sebagai jalur tranportasi air.

Karenanya, perlunya kajian mengenai kesejarahannya ini terkait apakah akan berlanjut pada penyelamatan atau dibiarkan sebagaimana adanya sekarang ini: terus terendam di dalam dasar sungai.

Semarang sebagai kota yang terus tumbuh memungkinkan infrasruktur lama terbongkar dan terpendam tanah dalam waktu lama. Misalnya saja, kawasan Kota Lama dulu dikelilingi tembok benteng.

Tembok benteng ini dibangun mengitari seluruh kawasan permukiman Eropa atau Europeesche buurt (yang kini dikenal sebagai kawasan Kota Lama).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved