Breaking News:

Berita Kudus

Pemkab Kudus akan Kembali Gelar Pelatihan Keterampilan Bersumber Dana Cukai

Pelatihan yang sarat akan peningkatan kualitas keterampilan peserta itu biayanya bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT).

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: m nur huda
Disnakerperinkop-UKM Kudus
Pelatihan hidpronik yang digelar Pemkab Kudus bersumber dari DBHCHT. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus berencana kembali menggelar pelatihan  keterampilan pada 2022.

Pelatihan yang sarat akan peningkatan kualitas keterampilan peserta itu biayanya bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT).

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerperinkop-UKM) Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, pelatihan yang digelar tahun depan itu akan dianggarkan sebesar Rp 16,5 miliar. Hanya saja anggaran ini menunggu pengesahan APBD 2022.

“Aapakah nanti jadi atau tidak menunggu ABD didok,” kata Rini Kartika.

Dia mengatakan, sasaran peserta dalam pelatihan yang akan digelar itu yakni buruh rokok maupun keluarga buruh rokok. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor (PMK) 206 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi DBHCHT.

Di situ terdapat klausul bahwa dana cukai bisa digunakan satu di antaranya untuk meningkatkan keterampilan buruh rokok.

“Ini merupkakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan keterampilan warga yang akhirnya berujung pada peningkatan ekonomi mereka,” kata Rini.

Dia mengatakan, untuk pelatihan yang akan berlangsung itu nantinya akan terbagi menjadi beberapa paket. Masing-masing paket akan diikuti oleh 16 peserta. Para peserta secara intensif akan didampingi sampai dia benar-benar memiliki keterampilan sesuai dengan bidang kejuruan yang diikutinya.

Dalam pelatihan yang akan berlangsung itu, kata Rini, nantinya akan ada 26 item kejuruan yang akan dilaksanakan. Jumlah item kejuruan ini meningkat dari jumlah kejuruan pada pelatihan keterampilan yang berlangsung pada 2021.

“Pada 2021 ada 21 item kejuruan, nanti pada 2022 ada 26 kejuruan keterampilan yang akan dilaksanakan,” tandas Rini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved