Breaking News:

Berita Pekalongan

Update Jumlah Pengungsi Banjir di Kota Pekalongan, 220 Jiwa Mengungsi di 5 Titik

Dalam mengantisipasi banjir, Pemkot Pekalongan terus melakukan sinkronisasi penanganan bencana antara beberapa OPD, camat, dan lurah.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: moh anhar
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya saat menyerahkan bantuan ke tempat pengungsian yang ada di Kelurahan Degayu. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dalam mengantisipasi musim penghujan dan banjir, Pemkot Pekalongan terus melakukan sinkronisasi penanganan bencana antara beberapa OPD, camat, dan lurah.

Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosyidi mengatakan, bahwa kesiapan logistik sudah siapkan dan pihaknya akan membuka posko terpadu.

"Kami fokus ke dapur umum, titik-titik pengungsian, serta posko terpadu di kota dan kecamatan," kata Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosyidi, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Labib, Mahasiswa UPGRIS Asal Demak Olah Limbah Kulit Buah dan Sayur Jadi Produk Pembersih Lantai

Baca juga: Yoyok Sukawi Berharap 4 Tim Semifinalis Liga 3 Jateng Suguhkan Permainan Menghibur

Yos menjelaskan, posko terpadu akan melibatkan unsur BPBD, TNI, Polri, PMI, relawan, dan sebagainya.

Sementara itu terkait infrastruktur, Ketua DPUPR Nur Priyantomo menjelaskan bahwa DPUPR tengah berkirim surat dengan Kementerian PUPR untuk meminta pompa mobile, sandbag, dan 7.000 karung untuk antisipasi tanggul sungai bocor atau sebagai penanganan darurat.

"Kami juga berkoordinasi dengan Pusdataru Provinsi Jawa Tengah terkait 8 paket pengerjaan untuk penanggulangan rob yakni untuk pembuatan talud dan rumah pompa," katanya.

Nur berharap penanganan banjir rob dapat terintegrasi, begitu pula dengan 3 paket pengerjaan di Sungai Loji, Gabus, dan Banger.

"Nanti di tiga sungai itu dipasang tanggul kanan kiri sungai, jika ada hujan deras kami siapkan pompa mobile berskala lingkungan mengatasi genangan air hujan," imbuhnya.

Terkait dengan banjir, Kepala Pelaksana BPBD Saminta menyebutkan, bahwa perkiraan BMKG puncaknya hujan akan terjadi bulan Desember 2021.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved