Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Cakupan Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 di Kab.Tegal Capai 57,05 Persen, Bupati Umi: Terus Kami Gencarkan

Bisa tercapainya 50 persen lebih warga tervaksin, juga berkat kesadaran yang sudah jauh lebih meningkat dibandingkan sebelum-sebelumnya

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Foto ilustrasi warga sedang mendapat suntik vaksin Covid-19 beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten terus digencarkan, bahkan sesuai data saat ini total cakupan vaksinasi dosis satu global sudah 57,05 persen, sedangkan untuk lansia dosis pertama sudah 48,39 persen.

Bupati Tegal Umi Azizah menuturkan, untuk terus meningkatkan capaian vaksinasi ia tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh Satgas Covid-19 lainnya seperti Kapolres, Dandim, dan seluruh elemen bergerak.

Bisa tercapainya 50 persen lebih warga tervaksin, juga berkat kesadaran yang sudah jauh lebih meningkat dibandingkan sebelum-sebelumnya.

"Sampai saat ini capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kabupaten Tegal sudah 57,05 persen atau 699.811 orang. Sedangkan untuk lansia dosis pertama sudah 48.39 persen atau 60.052 orang. Sehingga vaksin terus kami gencarkan dengan program-program yang disiapkan," jelas Umi, pada Tribunjateng.com, Jumat (3/12/2021).

Dikatakan, saat ini Kabupaten Tegal sudah turun level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari tiga menjadi dua.

Sementara untuk vaksin dosis pertama lansia ditargetkan harus bisa mencapai 60 persen, sehingga sedikit lagi bisa terpenuhi dan ini yang sedang diusahakan. 

"Semuanya sedang kebut capaian vaksinasi Covid-19. Adapun vaksin untuk anak-anak dibawah 12 tahun belum ada, kalau siswa SMP dan SMA sudah semuanya," tutur Umi. 

Bupati tinjauan ke sekolah-sekolah: 

Memastikan pembelajaran tatap muka berlangsung baik dan tetap mematuhi protokol kesehatan, Bupati Tegal Umi Azizah, juga meninjau dua sekolah yaitu SDN 03 Slawi Kulon dan SMPN 1 Slawi. 

Sesuai hasil tinjauannya, kedua sekolah tersebut melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan sarana prokes juga terpenuhi dengan baik. 

Seperti jumlah tempat cuci tangan disesuaikan dengan jumlah siswa, Satgas sekolah yang dikukuhkan oleh Kapolres Tegal juga berjalan dengan baik. 

"Saya sempat berbincang dengan beberapa siswa, dan mereka mengatakan merasa senang karena pada akhirnya bisa kembali belajar di sekolah dan bertemu dengan teman-temannya. Ya seusai hasil pantauan saya semuanya mematuhi prokes, dan sarana prokes nya juga lengkap," kata Umi. 

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji menambahkan, untuk bisa turun ke level 1 PPKM, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama harus mencapai 70 persen.

Sedangkan terkait stok vaksin sendiri, Hendadi menyebut, semua jenis tersedia dan dalam jumlah aman terutama yang paling banyak jenis Pfizer. 

"Kekurangan 13 persen sedang kami kejar dan insyaallah Desember ini bisa tercapai 70 persen warga Kabupaten Tegal sudah tervaksin dosis pertama," tegas Hendadi. (dta)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved