Breaking News:

Berita Semarang

Kanwil Kemenkumham Jateng Lantik 41 Pejabat Baru, 19 Orang Diantaranya Jadi Kepala UPT

Gelombang promosi dan mutasi kembali terjadi di Kantor Wilayah (Kemenkumham) Jawa Tengah usai dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: moh anhar
Dokumentasi Humas Kanwil Kemenkumham Jateng
Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin, melantik sejumlah pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gelombang promosi dan mutasi kembali terjadi di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah usai dilantik dan diambil sumpah jabatannya di Aula Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, kemarin.

Sebanyak 41 orang akan memegang jabatan baru di beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang ada di wilayah Jawa Tengah. Bahkan 19 orang di antaranya akan duduki posisi Kepala UPT.

Pada kesempatan itu juga, Kakanwil Kemenkumham Jateng melantik 2 pegawai yang beralih status menjadi Kurator Keperdataan di Balai Harta Peninggalan (BHP) Semarang.

Baca juga: Pelaku Gendam Berkeliaran di Semarang, Kali Ini Janda Satu Anak Jadi Korban, Cincin dan Kalung Raib

Baca juga: Ada Dokter Gadungan Tangani Klub-klub Liga 1, Disebut Tak Terdaftar di KKI, IDI, dan PDDikti

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A Yuspahruddin mengingatkan tentang tiga fungsi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Anda semua adalah ASN. ASN itu fungsinya tidak banyak, fungsinya 3 saja. Satu pelaksana kebijakan publik, yang kedua pelayan publik, yang ketiga perekat dan pemersatu bangsa," ujarnya, dalam rilisnya, Jumat (3/12/2021).

Yuspahruddin menguraikan bagaimana pelaksanaan dari fungsi tersebut.

Dikatakannya, kalau ada kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka ASN menjadi terdepan untuk melaksanakannya.

Entah itu suka atau tidak suka, senang tidak senang maka harus dilaksanakan.

"Anda adalah pelayan. Jadi anda bukan bos. Walaupun dipakaikan pangkat ini, tapi anda jabatannya adalah pelayan. Walaupun pangkatnya banyak, bintangnya ada, itu bukan bos tetapi tetap menjadi pelayan," tegasnya.

Bicara teknis, Yuspahruddin juga mengingatkan tentang hakikat petugas Pemasyarakatan yang memiliki 3 tugas utama, yaitu pengamanan, pembinaan dan pembimbingan warga binaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved