Breaking News:

Universitas Nasional Karangturi

Menjadi Guru Bahasa Inggris yang Menyenangkan

Menjadi guru Bahasa Inggris sebaikanya mampu membuat sebuah model pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik dan kreatif.

Editor: abduh imanulhaq
UNIVERSITAS NASIONAL KARANGTURI
Maria Dimitrij Angie Pavita SP MLi 

 Oleh: Maria Dimitrij Angie Pavita SPd MLi

APAKAH belajar bahasa Inggris merupakan hal yang menakutkan bagi siswa? Mungkin sebagian siswa di sekolah menyatakan setuju dan sebagian lainnya menyatakan tidak setuju.

Alangkah lebih baik ketika kita selaku orang tua atau guru mendapati anak yang gemar belajar bahasa Inggris dan juga lancar mengucapkan kata-kata di dalam bahasa Inggris dan bangga bisa menggunakan bahasa lain selain bahasa keseharian mereka tentunya. Pada kenyataanya seringkali orang tua atau guru melihat anak atau siswanya tidak suka pada pelajaran bahasa inggris, dan juga malu menggunakannya bahkan lebih senang menghindarinya.

Apa yang salah dari pola pengajaran guru di kelas sehingga siswa tidak bersemangat ketika belajar bahasa Inggris? Bagaimana meningkatkan motivasi atau minat siswa sehingga mereka senang belajar bahasa selain dari bahasa keseharian mereka? 

Menjadi guru Bahasa Inggris sebaikanya mampu membuat sebuah model pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik dan kreatif dengan cara mengajar yang asik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Pastinya dengan hal demikian guru dapat membuat kesan yang baik dan menyenangkan sehingga siswa menjadi lebih tertarik belajar dan lebih merasa nyaman dalam proses belajar-mengajar di kelas.

Ada baiknya sebelum masuk pada inti pelajaran yang akan diajarkan pada hari itu, guru dapat memberikan stimulus positif bagi siswa sebagai brainstorming pada awal pelajaran. Bisa dengan lagu, video, atau gambar yang merujuk pada materi yang akan di ajarkan pada hari itu. Hal demikian dilakukan untuk membentuk pola pikir siswa dan mengemukakan pendapat mereka mengenai apa yang akan di ajarkan pada hari tersebut.

Selain memberikan stimulus positif, di awal pelajaran guru dapat mengaplikasikan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana di dalam Bahasa inggris untuk membuat siswa lebih berani mengemukakan pendapat mereka. Misalnya saja memberi greeting, menanyakan kabar dan bagaimana perasaan siswa di hari tersebut. Hal sederhana seperti ini dapat melatih siswa untuk lebih berani dalam berbicara Bahasa inggris dengan kosakata yang sederhana setiap harinya.

Hal-hal di atas akan lebih baik jika didukung oleh kualitas SDM guru yang mumpuni. Untuk meningkatkan kemampuan menguasai materi yang akan diajarkan, guru dapat mengumpulkan berbagai materi yang akan digunakan dalam mengajar melalui buku ajar, media cetak maupun media elektronik yang dapat menjadi sumber referensi di dalam proses belajar dan mengajar.

Guru juga harus memperkaya kosakata di dalam Bahasa Inggris karena nantinya akan digunakan dalam mengajar writing bagi siswa. Seorang guru Bahasa inggris yang rajin membaca dan mencari inspirasi yang menyenangkan bagi siswa.

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah seorang guru harus memiliki kemampuan mengajar yang mumpuni. Sebelum masuk ke dalam kelas, guru dapat melatih diri agar lebih nayaman dan percaya diri untuk mengajar di depan kelas. Bila merasa kurang percaya diri materi yang akan diajarkan di dalam kelas akan menjadi kurang efektif bagi siswa karena siswa akan merasa bahwa guru kurang bisa menguasai kelas dan tidak menjadi panutan bagi siswa di kelas terebut.

Demikian mengenai langkah-langkah menjadi guru Bahasa Inggris yang menyenangkan, Ingin mengetahui langkah – langkan selanjutnya dan ingin belajar menjadi guru Bahasa inggris yang menyenangkan, silahkan bergabung bersama kami di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nasional Karangturi. (*) 

Informasi lebih lanjut : Jl. Raden Patah No. 182-192, Semarang. Telp. 024-3545882/08112710322 atau IG @universitasnasionalkarangturi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved