Breaking News:

Virus Corona Omicron

Pemkab Tegal Sudah Jaga-jaga Serangan Virus Corona Omicron

Pemerintah Kabupaten Tegal telah melakukan kesiapan antisipasi serangan virus corona jenis Omicron.

(SHUTTERSTOCK/natatravel)
Ilustrasi varian virus corona Omicron (B.1.1.529). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Belakangan ini marak diberitakan mengenai varian Omicron atau juga dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529 yang merupakan varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan Covid-19. 

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji menuturkan, langkah antisipasi menghindari varian terbaru ini kunci utama disiplin protokol kesehatan (prokes). 

Prokes yang dimaksud yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta
membatasi mobilisasi dan interaksi. 

Selain itu tracing atau pelacakan wajib terus dilaksanakan, testing, dan juga vaksinasi Covid-19. 

Beberapa hal tersebut sangat membantu untuk mengurangi kemungkinan gejala yang lebih berat lagi. 

"Beberapa penelitian menyampaikan bahwa varian Omicron ini daya penularannya jauh lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya. Padahal saat varian delta kemarin cukup luar biasa, sehingga mulai sekarang harus sudah antisipasi," tutur Hendadi, pada Tribunjateng.com, Jumat (3/12/2021). 

Mengutip dari Tribunnews.com, varian baru Omicron terus menyebar luas.

Sampai 2 Desember 2021 dilaporkan setidaknya 390 kasus konfirmasi positif dari 31 negara, adapun empat negara diantaranya berasal dari Asia yaitu Hongkong, Korea Selatan, India, dan tetangga terdekat Indonesia yakni Singapura.

Diperkirakan kasus akan terus meningkat, lantaran varian B.1.1.529 yang berasal dari Afria Selatan ini diduga memiliki tingkat penularan tinggi.

Karena itulah, sejumlah negara menutup pintu kedatangan internasional mereka termasuk Indonesia.

"Terpenting kita semua harus patuh dan disiplin prokes, jaga daya tahan tubuh, dan melakukan vaksinasi Covid-19, bagi saya inilah solusi untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 apapun jenis variannya," tegas Hendadi. (dta)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved