Breaking News:

Berita Blora

Tradisi Tabuhan Harmonika Lesung Warga Samin Kala Sambut Tamu 

Sebuah tradisi nan asri yang penuh filosofi tampak dan terdengar suara ketukan kayu bak tongkat musa yang dipegang beberapa orang yang dipukulkan

Penulis: ahmad mustakim | Editor: Catur waskito Edy
TRIBUNJATENG/AHMAD MUSTAKIM
Warga samin Blora yang tengah menabuh lesung saat menyamnut tamu di Pendopo samin di Sambongrejo, kecamatan Sambong, Blora 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Sebuah tradisi nan asri yang penuh filosofi tampak dan terdengar suara ketukan kayu bak tongkat musa yang dipegang beberapa orang yang dipukulkan pada sebuah lesung bak menancapkan tongkat ke tanah mengalunkan irama membentuk harmonika suara yang terpadu.

Terlihat lima wanita berbaju kebaya warna hitam dengan kompak menabuh lesung  dengan alu atau kayu sepanjang kurang lebih dua meter berbentuk bulat.

Irama tabuhan lesung itu  semakin enak didengar, suaranya terdengar sampai kejauhan.

Suasana semakin sahdu dengan adanya dua sinden atau penyanyi yang membawakan lagu.

Ada dua penyanyi dengan pakaian khas samin dan suaranya yang merdu dan mengiringi tabuhan lesung yang seirama.

Saat sampai di Pendapa Samin Sambongrejo, Kecamatan Sambong, penyanyi menyanyikan lagu jawa dengan judul Lumbung Desa.

‘’Para tani padha makarya, ayo dhi jupuk pari, nata lesung nyandhak alu, ayo yu padha maju, Yen uws rampung nuli adang, Ayo kang dha tumandang nyosoh beras ana lumpang,’’ lagu yang dinyanyikan sinden tersebut.

Satu lagu usai, hingga lagu lain kembali dinyanyikan sampai tiga lagu. Adapun lantunan lagu itu yakni, Lesung Jumlangung, Gugur Gunung dan Caping.

Terdengar semua lagu yang dinyanyikan antara ketukan lesung dan lagu mengalun indah, enak didengar tidak ada kesalahan ketukan dari pemukul dan juga tidak ada kesalahan nada pada penyanyinya. Sekan melihat sebuah orkresta sedehana namun apik.

Usai memainkan lesung, para wanita samin yang anggun dengan kebayanya itu duduk dan menunggu tamu yang sedang ramah tamah di pendapa samin.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved