Breaking News:

Berita Internasional

UMKM Kopi dari Indonesia Ikuti Festival Kopi di Rusia

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia.

Editor: rival al manaf
Dokumentasi Pribadi
Festival Kopi Indonesia di Rusia: (kiri-kanan) Chief Roaster CHIP Coffee Nikolay Christyakov, Chief Barista CHIP Coffee Timur Mironov, Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia Jose Tavarez dan Director General of Russian Federation of Tea and Coffee Producers Ramaz Chanturia dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia pada Selasa (30/11). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63 persen.

Baca juga: Prediksi Liga Italia AS Roma vs Inter Milan Malam Ini, Ajang Pembuktian Dzeko yang Dibuang Mourinho

Baca juga: Klarifikasi Mensos Tri Rismaharini Terkait Aksinya Memaksa Anak Tunarungu Berbicara

Baca juga: 6 Buah Ini Penurun Kolesterol

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mencermati potensi kopi saat ini cukup menjanjikan, mulai dari bisnis minuman kopi dan kedai kopi di dalam negeri hingga ekspor biji dan produk kopi ke luar negeri.

Dukungan BCA kepada Festival Kopi Indonesia di Rusia ini merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu, serta wujud nyata dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal.

Tahun ini, merupakan tahun ketiga Festival Kopi Indonesia dan kali pertama BCA berpartisipasi serta mendukung gelaran acara yang berlangsung pada Selasa (30/11/2021).

”Sebagai bagian dari sistem keuangan dan perekonomian nasional, BCA senantiasa berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM."

"Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,’’ ujar Direktur BCA John Kosasih.

Festival Kopi Indonesia merupakan bentuk kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia.

BCA telah memberikan pendampingan bagi seller binaan agar mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar pemasaran yang konsisten, hingga membantu proses pengiriman sample.

“Kami berharap dukungan ini dapat meningkatkan awareness terhadap potensi kopi Indonesia di pasar internasional."

"Tak hanya itu, kami berharap setelah kegiatan ini berakhir, para seller tetap dapat melanjutkan ekspor kopi ke Rusia dan negara-negara lainnya,” kata John.

Dari delapan peserta Festival Kopi Indonesia di Rusia yang didukung BCA, yakni Aksata Coffee, Awi Coffee, Bali Beans Coffee, Bangflo, Dua Coffee Roastery, Kopi Ketjil, Mozass Healthy Labs, dan Taman Delta Coffee, sebanyak tujuh di antaranya merupakan UMKM binaan BCA lulusan BCA UMKM Fest dan program BCA Bangga Lokal, yang berasal dari Jakarta, Semarang, Medan, Bali, dan Flores.

Baca juga: Jelang Wolves Vs Liverpool: Mo Salah Dituding Egois, Juergen Klopp Buka Suara

Baca juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Takut Idgitaf

Baca juga: Karya Mahasiswa UPGRIS Semarang: Olah Limbah Buah Jadi Produk Pengharum Ruangan

Kedelapan merchant ini menawarkan beragam varian kopi, antara lain Arabica, Robusta, Luwak, Gayo, Flores, Green Coffee, dan Bali Kintamanis.

“Hal ini sejalan dengan upaya BCA dalam mempercepat realisasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) maka program ini pun turut serta menerapkan aspek tersebut."

"Kami berharap keberadaan program ini dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh UMKM di Indonesia serta membangkitkan semangat untuk keluar dari situasi penuh ketidakpastian,” tutup John. (*)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved