Breaking News:

DPRD Semarang

DPRD Semarang Dorong Bapenda Lakukan Kajian Dulu Sebelum Berlakukan Kenaikan NJOP

DPRD Kota Semarang mendorong Bapenda Kota Semarang melakukan kajian terkait adanya rencana kenaikan NJOP pada 2022 mendatang.

Tribun Jateng/ Eka Yulianti Fajlin
Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - DPRD Kota Semarang mendorong Bapenda Kota Semarang melakukan kajian terkait adanya rencana kenaikan NJOP pada 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim.

Dia tidak ingin terulang kejadian seperti beberapa tahun lalu. Pada waktu itu, banyak masyarakat yang mengadu kepada pemerintah maupun dewan saat NJOP naik. 

"Jangan sampai terulang seperti dulu. NJOP naik hampir 70 persen. Masyarakat banyak yang mengadu. Akhirnya, kalau tidak salah diturunkan jadi 30 persen," kata Mualim, Minggu (5/12/2021). 

Lebih lanjut, politisi Partai Gerindra tersebut menyampaikan, pada prinsipnya kenaikan NJOP menyesuaikan kondisi perekonomian dan wilayah.

Kenaikan NJOP tidak bisa disamaratakan antara wilayah perkotaan dan wilayah pinggir kota.

Pasalnya, produktivitas dua wilayah tersebut sangat berbeda.

Misalnya, wilayah Mijen atau Gungngpati mayoritas untuk pertanian atau masih pekarangan kosong. 

"Kalau NJOP dinaikkan sama dengan kota kasihan. Kalau di kota kan wajar karena nilai jual tanah cepat. Di kota juga rata-rata dipakai usaha. Mereka mendapatkan penghasilan tinggi. Kalau pertanian atau pekerangan kosong, NJOP  dinaikkan bayarnya bagaimana. Ini harus dikaji," paparnya. 

Sebelum menerapkan kenaikan NJOP, Mualim meminta Pemerintah Kota Semarang menyosialisasikan kepada camat, lurah, hingga RT, RW, dan seluruh wajib pajak.

Dari sosialisasi itu, akan ada masukan-masukan yang bisa diambil untuk menentukan kebijakan.

Saat kenaikan sudah diputuskan ada kenaikan, masyarakat pun tidak akan kaget. 

"Seandainya belum diputuskan, ada masukan dari public hearing. Kalau disosialisasikan tidak akan ada masalah. Kalau tiba-tiba NJOP naik kan kasihan," ujarnya. (eyf) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved