Breaking News:

Berita Pekalongan

Pantau ke Titik Banjir, Wali Kota Pekalongan: Penanganan Banjir Perlu Sinergi Bersama

Pemantauan ini dilakukan untuk melihat titik-titik yang mengakibatkan air meluap ke pemukiman warga dan tanggul darurat sementara di Pasirsari.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/INDRA DWI PURNOMO
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid saat mantau banjir di Pasirkratonkramat 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid bersama, Ketua DPRD Kota Pekalongan M Azmi Basyir, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Sri Ruminingsih, dan Kepala OPD meninjau secara langsung ke lokasi bencana banjir rob di Kelurahan Pasirkraton Kramat, Kecamatan Pekalongan Barat dan Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Minggu (5/12/2021).

Pemantauan ini dilakukan untuk melihat titik-titik yang mengakibatkan air meluap ke pemukiman warga dan tanggul darurat sementara di Pasirsari.

Menurut Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, banjir di Kota Batik disebabkan karena sungai tidak mampu lagi menampung volume air.

"Tadi kita bersama-sama ke Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat dan ke Clumprit, Kelurahan Degayu. Memang, di dua lokasi ini banjir sudah 3 minggu.

"Di Clumprit ini permasalahanya karena air rob. Jika air rob tinggi maka banjir disini juga tinggi, tapi jika rob surut maka disini tidak bisa surut secara maksimal, karena bentuk tanahnya yang sudah cekung jadi ini yang menjadi problem," kata Aaf panggilan akrabnya Wali Kota Pekalongan.

Aaf mengungkapkan, dari tinjauan ini pihaknya akan mengumpulkan camat, lurah, RW, ormas, dan relawan untuk mendengarkan usulan atau membuat tanggul darurat.

"Titik-titik mana yang akan ditanggul untuk mengurangi banjir rob di wilayah tersebut.

Permasalahannya, jika membuat tanggul di titik A, nanti titik B ikut terdampak. Jadi ini perlu dipecahkan bersama-sama," ungkapnya.

Sedangkan di Pasirsari, permasalahannya ada tanggul yang jebol namun titik lokasinya berada di Jeruksari.

Dalam penanganan tanggul jebol ini Pemkot Pekalongan tidak bisa sendiri, karena lokasi ini berada di dua wilayah kota dan kabupaten.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved