Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Ingin Berwisata ke Guci Tegal Saat PPKM Level 3 Serentak? Berikut Persyaratannya

Terbatas, yaitu jumlah kapasitas pengunjung di objek wisata harus diatur sedemikian rupa supaya tidak menimbulkan kerumunan

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Foto salah satu wahana wisata spot selfie yang ada di area DTW Guci Kabupaten Tegal yaitu Baron Hill. Terlihat pengunjung sedang mengabadian momen di spot jembatan kaca tangan emas. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sektor wisata tetap diperbolehkan buka pada momen natal dan tahun baru (Nataru) dan penerapan PPKM Level 3 serentak di seluruh wilayah Indonesia, namun terbatas dan harus memenuhi persyaratan.

Hal ini juga berlaku di daya tarik wisata (DTW) Guci Kabupaten Tegal.

Kebijakan yang mulai berlaku pada tanggal 24 Desember hingga 2 Januari 2022 ini, tertuang dalam instruksi menteri dalam negeri (Inmendagri) nomor 62 tahun 2021.

Kepala UPTD Pengelolaan Objek Wisata Kabupaten Tegal Ahmad Abdul Hasib menuturkan, sesuai hasil rapat lintas sektoral yang berlangsung belum lama ini, disepakati objek wisata tetap beroperasi (buka) dengan syarat dan terbatas.

Persyaratan yang dimaksud yaitu penerapan protokol kesehatan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas), kelengkapan sarana prasarana, dan harus sudah divaksin Covid-19.

Terbatas, yaitu jumlah kapasitas pengunjung di objek wisata harus diatur sedemikian rupa supaya tidak menimbulkan kerumunan.

"Persyaratan yang wajib dipatuhi jika ingin berwisata ke Guci yaitu menerapkan prokes. Selain itu sudah divaksin, nantinya kami menyediakan QR Code aplikasi Peduli Lindungi sehingga bisa terdeteksi apakah sudah vaksin atau belum.

Kami pun memanfaatkan sosmed untuk menginformasikan bahwa yang sudah divaksin dianjurkan memiliki aplikasi Peduli Lindungi," jelas Hasib, pada Tribunjateng.com.

Nantinya, lanjut Hasib, pengunjung yang hendak berwisata ke Guci, melakukan scan barcode Peduli Lindungi, kemudian akan muncul keterangan melalui warna, jika warna hijau bearti yang bersangkutan sudah vaksin dua kali, warna kuning tandanya sudah vaksin satu kali, dan merah bearti belum vaksin dan tidak diperbolehkan masuk ke area wisata.

Sementara itu, di DTW Guci jumlah pengunjung dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas normal begitu juga di wahana wisata yang ada di dalam nya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved