Breaking News:

Berita Kudus

76 Warga Kudus Terima Hibah Ternak Kambing dari DBHCHT, Diharapkan Jadi Contoh Budidaya Terbaik

Sebanyak 76 warga yang bakal menerima bantuan hibah hewan ternak kambing dikumpulkan di pendopo Taman Krida Kudus, Selasa (7/12/2021)

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Rifqi Gozali
Pembekalan pengetahuan peternakan untuk calon penerima hibah hewan ternak di Taman Krida, Selasa (7/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Sebanyak 76 warga yang bakal menerima bantuan hibah hewan ternak kambing dikumpulkan di pendopo Taman Krida Kudus, Selasa (7/12/2021).

Mereka dikumpulkan untuk diberi bekal pengetahuan perihal peternakan kambing supaya ketika menjalankan program peternakan kambing bisa menjadi contoh bagi peternak di sekitarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertanpangan) Kudus, Sunardi mengatakan, para buruh tani yang mendapatkan manfaat hibah hewan ternak berupa kambing itu terlebih dulu dibekali pengetahuan perihal peternakan.

Supaya saat mendapat amanah berupa hibah kambing yang bersumber dari Dana Bahi Cukai dan Hasil tembakau (DBHCHT) itu bisa menjalankan program secara maksimal.

“Saya harapkan bisa memberikan contoh atau demplot yang bisa ditiru oleh sekitarnya. Harapan saya bisa menyebar di lingkungan sebagai contoh budidaya terbaik,” ujar Sunardi di hadapan para calon penerima hibah ternak kambing.

Sunardi melanjutkan, bahwa dalam praktiknya nanti karena diharapkan bisa menjadi contoh, maka ketika sewaktu-waktu ada warga sekitar yang hendak berguru atau meniru model peternakan kambing bisa berguru kepada mereka.

“Bisa sewaktu-waktu dilihat orang lain yang bisa mencontoh. Bagaimana mengembangkan kambing ternak yang nilai ekonominya tinggi,” tandasnya.

Sunardi percaya, amanah berupa hibah kambing yang akan diberikan itu akan berimbas positif bagi perekonomian warga. Sebab, kata dia, karakter warga Kudus dinilai dinamis.

Meskipun mereka secara pasti telah memiliki sumber penghasilan, akan tetapi banyak juga yang kemudian mencoba hal lain sebagai pendapatan tambahan.

“Kudus masyarakatnya dinamis. Seneng nyambi kalau kerja di pabrik ya sambil punya sampingan lain. Ini akan nambah income per kapita,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved