Breaking News:

Berita Batang

Angkat Asal Usul Kabupaten Batang, Abdullah Rouf Raih Juara Harapan di Festival Tunas Bahasa Ibu

Abdullah Rouf Husna, siswa SDN Proyonanggan 5 raih juara harapan kategori mendongeng.

Penulis: dina indriani | Editor: sujarwo
Ist./SDN Proyonanggan 5 Batang
Abdullah Rouf Husna, siswa SDN Proyonanggan 5 Kabupaten Batang meraih juara harapan II kategori mendongeng dalam Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Provinsi Jawa Tengah di Solo beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Abdullah Rouf Husna, siswa SDN Proyonanggan 5 Kabupaten Batang meraih juara harapan II kategori mendongeng dalam Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Provinsi Jawa Tengah di Solo beberapa waktu lalu.

Dalam lomba mendongeng berbahasa jawa tersebut Abdullah Rouf mengangkat "Dumadining Kabupaten Batang" atau menceritakan tentang asal muasal terbentuknya Kabupaten Batang.

"Alhamdulillah siswa kami bisa membawa cerita Kabupaten Batang di tingkat Jateng dan bisa meriah juara harapan II, itu suatu kebanggan tersendiri bagi kami," tutur Kepala Sekolah SDN Proyonanggan 5, Ghonimah, Senin (6/12/2021).

Lebih lanjut Ghonimah menjelaskan dengan menceritakan asal usul Kabupaten Batang dalam lomba tingkat Jateng tersebut karena masih belum tau jika terbentuknya Kabupaten Batang ada hubungannya dengan kerajaan Mataram.

"Jadi kami memilih sesuatu yang sebagian besar orang belum mengetahui, "Dumadining Kabupaten Batang" dalam cerita itu ada keterkaitan dengan kerajaan Mataram, kami menonjolkan sisi cerita itu," jelasnya.

Pelatih lomba, Wiwik Amalia menambahkan dengan mendongeng berbahasa jawa yang telah diikuti salah satu siswa kami ternyata ikut menarik antusias siswa lainnya untuk lebih memahami bahasa jawa.

"Hasil lomba mendongeng berbahasa jawa itu kami tampilkan di depan siswa lainnya, dan ternyata responnya mereka sangat antusias banyak yang tertarik," ujarnya.

Menurutnya, ketertarikan para siswa terhadap bahasa jawa karena variasi logat dan pelafalannya.

"Dengan begitu harapan kami, anak-anak kami bisa semakin memahami bahasa jawa dengan baik, ke depan bisa kembali menjuarai lomba berbahasa dengan mengangkat potensi di Kabupaten Batang," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved