Berita Nasional

Pemerintah Indonesia Tunda Pemberangkatan Jemaah Umrah hingga Libur Akhir Tahun

Penundaan pemberangkatan jemaah umrah tersebut karena saat ini tengah merebak virus Corona varian omicron yang telah menyebar di 15 negara serta penan

Editor: m nur huda
Istimewa
Airlangga Hartarto 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pemerintah membuat kebijakan menunda pemberangkatan jemaah umrah setelah libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Penundaan pemberangkatan jemaah umrah tersebut karena saat ini tengah merebak virus Corona varian omicron yang telah menyebar di 15 negara serta penanganan pandemi saat libur Natal dan Tahun Baru menjadi pertimbangan.

”Terkait umrah, pemerintah masih melihat dan menyambut baik bahwa Saudi sudah menerima Sinovac untuk melakukan umrah dan masih diberlakukan adanya quarantine," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam jumpa pers daring, Senin (6/12/2021).

Airlangga yang juga menjadi Koordinator PPKM Luar Jawa Bali itu mengatakan pemerintah akan melihat kondisi setelah Natal dan Tahun Baru.

"Pemerintah sekarang konsentrasi Nataru dulu, agar mudah-mudahan Nataru bisa dikendalikan dengan baik, baru setelah itu kita melihat kapan akan buka kegiatan umrah," imbuhnya.

Airlangga menyampaikan penundaan pemberangkatan jemaah umrah itu juga mengikuti kebijakan di sejumlah negara.

Saat ini beberapa negara masih menerapkan karantina 10 hari untuk pelaku perjalanan luar negeri.

Meski demikian, Airlangga memastikan Pemerintah Indonesia menyambut baik kebijakan Arab Saudi kembali membuka pintu umrah.

Dia berkata Indonesia akan mengirim jemaah setelah masa libur akhir tahun.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi membuka pembatasan kedatangan dari Indonesia mulai 1 Desember 2021.

Di saat bersamaan, jemaah umrah asal Indonesia boleh kembali mendatangi Tanah Suci.

Awalnya, Kementerian Agama merencanakan keberangkatan umrah mulai Desember 2021.

Pemberangkatan umrah pascapenularan varian Delta ini disebut akan menjadi uji coba Indonesia memberangkatkan jemaah haji pada 2022.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, sedikitnya 18.752 jemaah umrah Indonesia siap diberangkatkan ke Tanah Suci.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved