Breaking News:

Brownies

Baznas Berikan Berikan Pelatihan Pembuatan Kue Brownies Sawo di Jenalas Gemolong

Baznas Sragen bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) melakukan pelatihan pembuatan kue brownies.

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Ketua Baznas Sragen, Mustakim ketika menyerahkan bantuan alat kepada Mustahik di Balai Desa Jenalas, Gemolong Sragen, Rabu (8/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGENBaznas Sragen bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) melakukan pelatihan pembuatan kue brownies di Balai Desa Jenalas, Gemolong, Sragen.


Pelatihan ini diikuti 25 orang ibu rumah tangga atau mustahik warga Desa Jenalas.

Tidak hanya brownies, mereka juga menerima pelatihan kue lainnya.


Tidak seperti kue brownies pada umumnya, bahan dasar brownies ini ialah sawo.

Sawo di pilih karena keberadaannya sangat berlimpah di Desa Jenalas.


Tidak hanya pelatihan membuat kue, ibu-ibu ini juga menerima bantuan peralatan untuk membuat kue. Penyerahan alat diberikan oleh Ketua Baznas Sragen, Mustakim kepada perwakilan penerima.


"Alhamdulillah hari ini kami pendayagunaan dana zakat kerjasama Baznas dengan DP3A untuk pengolahan sawo menjadi kue brownies dan aneka kue lainnya."


"Total pendayagunaan zakat hari ini senilai Rp 11.989.000," kata Mustakim, Rabu (8/12/2021).


Untuk peralatan membuat kue, Mustakim mengaku pihaknya membelikan sebanyak enam buah, yang bisa digunakan ibu-ibu secara kelompok atau digunakan bersama.


Mustakim menambahkan tidak hanya berhenti di pelatihan membuat kue dan memberi alat. Ke depannya, Baznas Sragen siap memfasilitasi untuk pelatihan packaging dan pemasaran.


"Pelatihan pengolahan sawo ini di latar belakangi oleh ketersediaan buah sawo yang melimpah di Desa Jenalas. Hampir di seluruh pekarangan rumah terdapat buah ini," lanjut Mustakim.


Dengan begitu, pihaknya berharap masyarakat yang kurang mampu di Desa Jenalas akan berdaya secara ekonomi melalui UKM pembutan kue berbahan dasar sawo. (uti)

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved