Breaking News:

Berita Tegal

Sekda Kabupaten Tegal: Gaya Hidup Minim Sampah Harus Dimulai Sekarang

Sejumlah remaja diajak memulai gaya hidup minim sampah untuk atasi isu persampahan.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: sujarwo
Dok. Humas Pemkab Tegal
Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono, saat membuka acara Sosialisasi Gaya Hidup Minim Sampah di Ruang Rapat Bupati Tegal belum lama ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Sejumlah remaja diajak memulai gaya hidup minim sampah untuk mengatasi isu persampahan yang kian pelik, khususnya plastik. 

Gerakan mengajak generasi muda untuk hidup seminim mungkin dengan sampah plastik dinilai bakal berdampak besar jika dilakukan secara konsisten oleh banyak orang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono mengatakan, salah satu pilar yang dibangun melalui gerakan Kabupaten Tegal Merdeka Sampah adalah menerapkan gaya hidup minim sampah

Hal tersebut disampaikan Joko saat membuka acara Sosialisasi Gaya Hidup Minim Sampah di Ruang Rapat Bupati Tegal belum lama ini. 

Joko mengungkapkan, setiap individu warga negara memiliki tanggung jawab yang sama untuk mengendalikan produksi dan mengurangi sampahnya secara benar dan berwawasan lingkungan. 

Dari konsep tersebut diharapkan akan lahir gaya hidup baru minim sampah, terutama plastik kini paling banyak digunakan sebagai alat kemasan.

Pandemi Covid-19, sambung Joko, turut memicu lonjakan produksi sampah plastik karena untuk perlindungan makanan dan minuman dari kontaminasi virus. 

Namun di sisi lain, hal tersebut justru menciptakan ledakan baru volume sampah plastik yang masuk ke tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah.

Meski demikian, Joko tetap mengajak peserta mengurangi penggunaan material plastik seperti kantong kresek untuk berbelanja, kemasan botol minuman plastik sekali pakai, hingga sedotan plastik.

“Jadilah pelopor perilaku sadar lingkungan dengan membawa tas belanja sendiri, membawa botol air mineral yang dapat digunakan kembali, membawa tempat makan yang bisa digunakan kembali. Usahakan pula untuk makan dan minum di tempat, tidak dibungkus dan dibawa pulang,” pesan Joko, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (10/12/2021). 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved