Berita Regional

4 Bus Ngeblong Antarkota Terpergok Razia Polisi di Pantura, Ini Sanksinya

Karena membahayakan keselamatan pengguna jalan, perilaku ngeblong bus-bus antarkota ini membuat sebagian masyarakat geram dengan melakukan penyegatan.

Editor: m nur huda
TRIBUN JATENG/LIKE ADELIA
ILUSTRASI - Sebuah bus dipaksa mundur oleh warga setelah memaksa melawan arus di Jalan Raya Mranggen tepatnya di daerah Kembang Arum, Jumat (21/6/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, LAMONGAN - Empat bus ngeblong terpergok razia ketertiban oleh Satlantas Polres Lamongan.

Sejak lama ruas jalan nasional di jalur Pantura Lamongan jadi ajang ngeblong bus-bus antarkota yang melintasi trayek ini.

Bus-bus tersebut nekat melanggar lalu lintas dengan masuk ke jalur kanan atau melawan arus demi mengejar waktu tiba ke kota tujuan demi menghindari risiko macet panjang yang biasanya mengular di jalur Pantura Lamongan pada jam-jam tertentu.

Karena membahayakan keselamatan pengguna jalan, perilaku ngeblong bus-bus antarkota ini membuat sebagian masyarakat geram dengan melakukan penyegatan.

Bus PO Bintang Mas jurusan Terminal Bungurasih Surabaya-Bojonegoro yang terjaring razia Polres Lamongan karena diduga ngeblong di jalur Pantura Lamongan, Senin (6/12/2021) lalu.
Bus PO Bintang Mas jurusan Terminal Bungurasih Surabaya-Bojonegoro yang terjaring razia Polres Lamongan karena diduga ngeblong di jalur Pantura Lamongan, Senin (6/12/2021) lalu. (Tribun Jatim/Hanif Manshuri)

Video aksi warga mencegah aksi ngeblong bus-bus ini  sempat viral di media sosial. Polisi pun juga bertindak cepat dengan melakukan razia.

Seperti dilakukan Satlantas Polres Lamongan. Mereka berhasil merazia empat bus antar kota dengan pengemudi nakal karena perilaku ngeblong melawan arus.

Keempat bus ugal-ugalan itu kemudian ditilang.

Sikap tegas Satlantas Polres Lamongan itu demi membuat efek jera pengemudi bus, karena ulahnya membahayakan pengguna jalan yang lain.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Lamongan, Ipda Endro Widodo membenarkan jika dalam sehari ini pihaknya telah menindak 4 pengemudi bus antar kota yang kedapatan ngeblong di ruas jalan berlawanan arah.

Para pengemudi ini sengaja ngeblong dan kedapatan melanggar garis marka jalan tidak terputus di jalan poros nasional.

Kata Endro, keempat bus ini kedapatan melanggar saat ada perbaikan jalan mulai dari Desa Pondok, Kecamatan Deket sampai perbatasan Lamongan-Gresik.

"Betul, hari ini kita penindakan terhadap 4 bus yang kedapatan ngeblong atau melanggar garis marka jalan tidak terputus di jalan poros nasional mulai dari Pondok sampai dengan perbatasan Lamongan-Gresik," kata Endro Widodo saat dikonfirmasi wartawan, Senin (6/12/2021).

Menurut Endro, keempat bus kedapatan ngeblong pada jam-jam sibuk yaitu sekitar pukul 06.30 WIB pagi dan ngeblong dari arah timur atau dari arah Surabaya menuju ke Lamongan dengan memanfaatkan ruas lajur sebelahnya menuju Surabaya.

"Kita tindak, kita tilang, " tandasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved