Breaking News:

RDTR

RDTR Sambunganmacan-Sragen akan Mengarah ke Kota Mandiri

Expose akhir penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Online Single Submission (OSS) kawasan industri Sragen.

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menerima peta RDTR kawasan industri Sambungmacan - Gondang, Kabupaten Sragen dari Pembinaan Perencanaan Tata Ruang Daerah wilayah 1 - Kementerian ATR/BPN, Selasa (14/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Expose akhir penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Online Single Submission (OSS) kawasan industri Sambungmacan - Gondang Kabupaten Sragen akhirnya dilakukan.

Expose akhir ini difasilitasi dari Direktorat Pembinaan Perencanaan Tata Ruang Daerah wilayah 1 - Kementerian ATR/BPN kepada Pemkab Sragen di Front One Hotel Sragen, Selasa (14/12/2021).

Dalam kegiatan ini diserah terimakan dokumen teknis RDTR OSS Kabupaten Sragen dari Kementerian ATR/BPN ke Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Dalam kesempatannya, Bupati Yuni mengatakan ada enam RDTR yang diamanatkan untuk disusun diantaranya, RDTR Kawasan Perkotaan Sragen, RDTR Kawasan Perkotaan Gemolong.

RDTR Kota Industri Gondang - Sambungmacan, RDTR Kawasan Agropolitan Kecamatan Sambirejo dan sekitarnya, RDTR Kawasan Agropolitan Kecamatan Miri dan sekitarnya dan terakhir RDTR Kawasan Strategis Pariwisata Nasional dan sekitarnya.

Bupati Yuni mengatakan dua diantaranya yakni RDTR Kawasan Perkotaan Sragen dan RDTR Kota Industri Gondang - Sambungmacan telah selesai dengan bantuan Kementerian ATR.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengajak tidak hanya fokus di Gondang dan Sambungmacan, namun wilayah sekitarnya juga ikut berkembang.

Dirinya berharap semua stakeholder mampu mendorong kota mandiri, seperti adanya perumahan, usaha dan jasa pelayanan umum yang setara dengan pelayanan kota.

"Mari investor kita arahkan kesana karena Sragen saya kita dalam kondisi kondusif. Investor melihat dari UMK kompetitif rendah dan terjangkau serta kemudahan akses transportasi jalan," kata Yuni.

Sementara itu, Kepala DPUPR, Marija menambahkan Sambungmacan merupakan kawasan yang strategis. Selain exit tol, juga dilintasinya rel kereta api serta dilintasi jalan nasional.

Dia mengatakan, kedepan fasilitas akan cukup sehingga bisa menjadi kawasan kota industri. Agar bisa menarik, juga akan di dukung kawasan perkotaan yang memadai.

"Disana juga akan difasilitasi tumbuhnya kota, agar menarik, investasi berkembang dengan fasilitas yang di punyai Sragen," katanya.

Sementara itu, adanya Sambunganmacan sebagai wilayah lumbung padi, dikatakannya juga dipertahankan, dirinya memastikan tidak akan mengurangi industri padi. (uti)

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved