Breaking News:

Durian

Heri Sumringah Tahun Ini Bisa Panen Durian Lokal Batang 2 Kali Lipat

Kebahagiaan sedang menyelimuti Heri Trisanto, pasalnya di bulan Desember ini menjadi awal panen durian lokal Batang.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Kebahagiaan sedang menyelimuti Heri Trisanto, pasalnya di bulan Desember ini menjadi awal panen durian lokal Batang.


Dengan cuaca yang mendukung, produksi durian pada panen tahun ini cukup melimpah bahkan meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya.


"Alhamdulillah tahun ini cuacanya mendukung bisa panen banyak bahkan meningkat dua kali lipat, kalau tahun lalu pas rame Covid-19 dibarengi cuaca angin kencang, jadi hasil produksinya menurun," tuturnya saat ditemui, Kamis (16/12/2021).


Lebih lanjut, panen yang diperoleh dari awal musim hingga panen raya diperkirakan bisa sampai 20 Ribu buah.


"Mungkin totalnya dari awal musim panen hingga panen raya bisa sampai 20 Ribu buah sampai Februari mendatang," ujarnya.


Di awal masa panen, Heri bisa menghasilkan 50 buah siap panen setiap harinya dengan total ada sekitar 30 pohon durian yang ia kembangkan.


"Kalau di kebun sendiri ada 30an pohon, karena biasanya permintaan banyak saya juga turut membeli durian yang ditanam warga sekitar rumah," ujarnya.


Heri memang sengaja membudidayakan durian lokal asli Bandar - Wonotunggal, karena menurutnya durian lokal pun memiliki citarasa yang tak kalah dengan durian daerah lain.


"Kalau dari rasa sendiri durian lokal sini memiliki tekstur legit, manis dan ada pahitnya sedikit, ini juga cukup laris dipasaran, bahkan banyak yang datang dari luar daerah seperti Kendal, Pemalang, Semarang," jelasnya.


Untuk harga, durian lokal milik Heri dibanderol mulai dari Rp 30 Ribu hingga Rp 150 Ribu perbuahnya.


"Pembeli biasanya langsung ke kios, minta dipilihkan untuk makan ditempat, harganya bervariasi ya, bergantung ukuran dan kualitas buahnya," pungkasnya.(din)

 

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE ;

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved