Berita Internasional

Israel Luncurkan Roket-roket Ke Pos Militer Suriah, Seorang Tentara Tewas

Pejabat itu mengatakan, satu tentara Suriah tewas dan ada kerusakan di daerah itu. Ia tidak memerinci di mana rudal itu menghantam di Suriah selatan.

Editor: m nur huda
AFP/File
Tank Israel bersiaga di perbatasan Lebanon saat melepaskan tembakan artileri ke wilayah Lebanon untuk membalas serangan roket pada 20 Juli 2021. 

TRIBUNJATENG.COM, SURIAH - Roket-roket Israel menghantam pos-pos tentara Suriah di selatan negara itu Kamis (16/12/2021) pagi.

Serangan Israel tersebut menewaskan satu tentara Suriah dan menyebabkan kerusakan material.

Dilansir dari Al Arabiya, media pemerintah Suriah mengutip seorang pejabat militer yang mengatakan bahwa roket yang ditembakkan dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel mengaktifkan pertahanan udara Suriah.

Disebutkan juga bahwa sebagian besar rudal yang masuk berhasil dicegat.

Pejabat itu mengatakan, satu tentara Suriah tewas dan ada kerusakan di daerah itu.

Ia tidak memerinci di mana rudal itu menghantam di Suriah selatan.

Kantor berita negara SANA mengutip sumber militer pada Kamis (16/12/2021) bahwa pertahanan udara Suriah menghadapi serangan rudal Israel yang menargetkan wilayah selatan negara itu dan seorang tentara Suriah tewas.

“Sekitar 12:50 (Rabu pukul 23:50 GMT), musuh Israel melakukan serangan udara dengan beberapa rudal ke arah Golan Suriah yang diduduki dan menargetkan beberapa posisi di selatan,” menurut sumber militer yang dikutip SANA.

Sejak perang saudara pecah di Suriah pada 2011, Israel telah melancarkan ratusan serangan terhadap sasaran di dalam wilayah yang dikendalikan oleh pemerintah di Damaskus, tetapi jarang mengakui atau membahas operasi semacam itu.

Dilansir dari Al Jazeera, awal bulan ini, militer Suriah mengatakan jet tempur Israel menembakkan rudal ke pelabuhan Latakia, merusak kontainer tetapi tanpa menimbulkan korban.

Pelabuhan Latakia adalah fasilitas vital di mana banyak impor Suriah dibawa ke negara yang dilanda perang itu.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa pada akhir November, serangan rudal Israel di barat Provinsi Homs juga menewaskan lima orang.

Kelompok Hak Asasi Suriah yang berbasis di Inggris ini menyebutkan, dalam dua serangan terpisah Israel pada Oktober, lima milisi pro-Iran tewas di dekat ibu kota Suriah, Damaskus.

Sementara sembilan pejuang pro-pemerintah tewas di dekat pangkalan udara T4 di timur Palmyra di Suriah tengah.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved