Breaking News:

Berita Purbalingga

Awali Rangkaian Seremonial Hari Jadi ke 191, Bupati Tiwi Ziarah ke Makam Leluhur di Purbalingga

Bupati Purbalingga melaksanakan ziarah kubur ke makam para Bupati Purbalingga.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: sujarwo
TRIBUNBANYUMAS/Ist. Humas Pemkab Purbalingga.
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dan wakil bupati beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Purbalingga melaksanakan ziarah kubur ke makam para Bupati Purbalingga terdahulu, Kamis (17/12/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Ceremonial Hari Jadi ke-191 Kabupaten Purbalingga, Bupati Purbalingga dan wakil bupati beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan ziarah kubur ke makam para Bupati Purbalingga terdahulu, Kamis (17/12/2021). 

Ziarah diawali ke Pemakaman Arsanta

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dan wakil bupati beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Purbalingga melaksanakan ziarah kubur ke makam para Bupati Purbalingga terdahulu, Kamis (17/12/2021).
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dan wakil bupati beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Purbalingga melaksanakan ziarah kubur ke makam para Bupati Purbalingga terdahulu, Kamis (17/12/2021). (TRIBUNBANYUMAS/Ist. Humas Pemkab Purbalingga)

ka dilanjutkan pemakaman Giri Cendana dan Giri Purna di Desa Kajongan, pemakaman Adipati Onje Kecamatan Mrebet dan pemakaman Adipati Wirasaba di Kecamatan Bukateja.

Juru kunci Makam Adipati Onje, Kyai Maksudi sempat menuturkan sejarah Adipati Onje hingga menurunkan trah Dipokusumo. 

Cikal bakal Kabupaten Purbalingga berawal dari kisah Hadi Wijaya, yang beristrikan Penginwati yang menurunkan Wangsataka dan Arsantaka.

Dijelaskan, Wangsataka menurunkan dua putra yakni Singayuda yang kemudian menjadi laskarnya Pangeran Diponegroro dan Arsantaka yang kemudian menurunkan Dipayuda yang kemudian menjadi bupati pertama Purbalingga.

Dari keturunan Dipayuda inilah melahirkan bupati-bupati Purbalingga berikutnya. 

Bahkan Bupati Purbalingga saat ini masih keturunan Dipokusumo.

"Dipayuda-lah yang menjadi bupati pertama Purbalingga yang kemudian menurunkan Dipokusumo satu sampai Dipokusumo lima sampai menurunkan ibu Dyah Hayuning Pratiwi.

Dados ini antara Onje, Purbalingga terusan Candiwulan niku satu keluarga," ungkapnya kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved