Breaking News:

Bea Cukai Tanjung Emas

Belum Tutup Tahun, Bea Cukai Tanjung Emas Lampaui Target APBN 2021

Belum tutup Tahun 2021, Bea Cukai Tanjung Emas telah berhasil melampaui target APBN Tahun 2021.

Editor: abduh imanulhaq
BEA CUKAI TANJUNG EMAS
Belum Tutup Tahun, Bea Cukai Tanjung Emas Lampaui Target APBN 2021 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Belum tutup tahun 2021, Bea Cukai Tanjung Emas telah berhasil melampaui target APBN tahun 2021.

Per tanggal 16 Desember 2021 pukul 12.05, dari data yang diperoleh, Bea Cukai Tanjung Emas berhasil lampaui 100.36 persen dari target APBN Tahun 2021 yang telah dinaikkan 8,62 persen dibandingkan target tahun 2020.

Total penerimaan negara yang berhasil dihimpun oleh Bea Cukai Tanjung Emas sebesar Rp 9,585 Triliun, yang berasal dari Bea Masuk sebesar Rp 1,387 Triliun, Bea Keluar sebesar Rp 96 Milyar, dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) sebesar Rp 8,1 Triliun.

Tahun 2020 lalu menjadi tantangan bagi Direktorat Jenderal Bea Cukai dalam menjalankan tugasnya sebagai Revenue Collector maupun Industrial Assitance pasalnya di tengah penerimaan pajak negara yang mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19, Bea Cukai juga dituntut untuk menjalankan tugasnya sebagai Industrial Assistance dan Trade Facilitator yaitu memberikan dukungan kepada industri dalam negeri agar tetap mampu bertahan selama krisis ekonomi yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19.

“Namun Tahun 2021 merupakan tahun kebangkitan Bangsa Indonesia dalam reformasi dan perbaikan disemua sektor. Tak hanya bangkit dari Covid-19, namun juga memperjuangkan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui berbagai inovasi dan regulasi. Bersama seluruh Stakeholder di Pelabuhan Tanjung Emas, Bea Cukai Tanjung Emas mendorong percepatan National Logistic Ecosystem dengan melalui berbagai kolaborasi dari sistem pelayanan dan penyelarasan tata ruang di Pelabuhan.” terang Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin.

Sistem yang dibangun mulai dari single submission dan joint inspection Bea Cukai dengan Karantina, optimalisasi Delivery Order (DO) Online, Surat Penyerahan Peti Kemas (SP2) Online, penerapan auto gate system di semua tempat penimbunan sementara, one gate, billing and payment system.

Platform logistik terpadu terintegrasi dengan semua pihak terkait diharapkan mampu mengurangi mata rantai logistik dan menghilangkan duplikasi repetisi yang memakan waktu, sehingga harapannya dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Dari sisi internal sendiri, di Tahun 2021 ini Bea Cukai Tanjung Emas telah membangun sistem pengawasan dan pelayanaan melalui reformasi manajemen mutu yang berkualitas serta kebijakan anti penyuapan yang didukung oleh komitmen manajemen melalui Sertifikasi ISO 9001 dan ISO 37001.

Harapannya sistem ini dapat meningkatkan kepuasan para pengguna layanan, mewujudkan system perbaikan yang terus menerus serta mencapai target selanjutnya yakni mensukseskan program WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) menuju WBBM (Wilayah birokrasi Bersih Melayani). (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved