Breaking News:

Berita Banjarnegara

Harga Minyak Sawit Meroket, Nenek Cartini Bandingkan dengan Minyak Kelapa (Klentik) Buatan Sendiri

Harga minyak goreng kemasan terus meroket. Masyarakat, mulai ibu rumah tangga hingga pelaku usaha kecil menjerit karena harga minyak

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
khoirul muzaki
Penampakan minyak kelapa yang lebih bening untuk menggoreng 

TRIBUNJATENG. COM, BANJARNEGARA -- Harga minyak goreng kemasan terus meroket. Masyarakat, mulai ibu rumah tangga hingga pelaku usaha kecil menjerit karena harga minyak yang kian tak terjangkau. 

Di tingkat eceran, harga minyak sawit mencapai sekitar Rp 20 ribu perliter. 
Tapi berapapun tingginya harga minyak goreng, komoditas itu tetap diburu karena termasuk kebutuhan pokok yang harus ada di dapur. 

Melonjaknya harga minyak goreng kemasan antara lain dipicu naiknya harga minyak kelapa sawit mentah (Crude palm oil) dunia. 

Sebenarnya, selain minyak goreng sawit, ada alternatif minyak nabati lain yang kegunaannya sama. Di antaranya adalah minyak kelapa yang masih familiar bagi masyarakat pedesaan. 

Bahkan, sebelum beredar minyak sawit, masyarakat sudah lebih dulu menggunakan minyak kelapa yang diproduksi secara tradisional. 

Cartini, nenek asal Desa Pucungbedug Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara terkadang masih menggunakan minyak klentik untuk menggoreng makanan.  Hanya minyak itu tidak ia produksi sendiri, melainkan dibeli dari sebuah toko. 

"Saya buat sendiri minyak klentik untuk menggoreng dulu, saat minyak sawit belum banyak di pasaran, " katanya,  Jumat (17/12/2021) 

Cartini mengaku terakhir memproduksi minyak kelapa sekitar tahun 1980 an, atau saat minyak sawit mulai beredar di pasaran meski belum banyak. 

Sebelum itu, keluarganya selalu menggunakan minyak kelapa atau minyak kacang untuk kebutuhan menggoreng. 

Saat itu, sudah lazim ibu rumah tangga secara mandiri membuat minyak nabati dari kelapa atau komoditas pertanian lain semisal kacang. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved