Breaking News:

Berita Solo

Tersangka Perampokan Gudang Rokok Camel Serengan Solo Terancam Hukuman Mati, Dijerat Pasal Berlapis

Pembebasan lahan untuk pembangunan tol Semarang - Demak masih menuai persoalan terutama di wilayah Semarang yang mayoritas lahan berada di tanah

Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Tersangka perampokan gudang rokok Camel di Serengan Solo, RSMM alias S (21), saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolresta Solo, Kamis (16/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Polresta Solo menjerat tersangka RSMM alias S (21) dengan Pasal 340 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman pidana mati atau penjara seumur hidup atau penjara selama 20 tahun.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyampaikan, pihaknya menjerat pria asal Wonogiri itu karena sebelum menghabisi korban, beberapa kali sudah memberikan ancaman melalui pesan Whatsapp.

“Tersangka melakukan ancaman terhadap korban dengan kalimat ‘tak telasi!’ atau tak habisi,” ucapnya, Jumat (17/12/2021).

Diketahui, antara tersangka dengan korban merupakan rekan kerja yang sama-sama sebagai satpam di gudang rokok Camel yang berada di Jalan Brigjen Sudiarto Joyotakan Serengan Solo.

Namun, karena tindakan indispiliner atau jarang masuk, tersangka dikeluarkan oleh pihak perusahaan.

Selama periode tersangka itu tidak masuk kerja, korban yang diminta untuk ganti jaga. Bahkan, ketika digantikan tugas jaga oleh korban, tersangka tak ada imbal balik, bahkan terima kasih pun tidak.

Menurutnya, selain menjerat pembunuhan berencana, penyidik juga menjerat tersangka dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman pidana penjara maksimal 15 tahun.

Tindakan yang dilakukan tersangka dengan melakukan pencurian uang sebanyak lebih dari Rp 300 juta itu dilakukan dengan cara melalukan tindakan kekerasan terhadap korban Suripto (32) dengan cara memukul bagian dada dan membenturkan kepala korban berkali-kali di lantai.

Dalam pasal tersebut ayat (3) dijelaskan, jika perbuatan mengakibatkan kematian, maka diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.

Bahkan, pada ayat (4) disebutkan, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama dua puluh tahun.

Sebagai informasi, tersangka RSMM alias S melakukan tindak pidana pencurian di sebuah gudang rokok  Camel di Jalan Brigjen Sudiarto Joyotakan Serengan Solo pada Senin (15/11/2021). Dalam pencurian itu, ditemukan juga jenazah Suripto yang merupakan satpam gudang tersebut.

Tak lama setelah adanya temuan mayat, pihak dari gudang tersebut melaporkan kejadian ke Polresta Solo pada hari tersebut pada pukul 06.00 WIB. (*)

Baca juga: Tidak Hanya Gaya, Berikut 4 Manfaat Kacamata Hitam bagi Kesehatan

Baca juga: Suami Kaget Bangun Pagi Balitanya Kaku, Mata, Telinga Keluarkan Darah, Ulah Ibu Tiri Diungkap Polisi

Baca juga: DPRD Kota Semarang Nilai Lahan Tol Semarang - Demak yang Terendam Air Tak Bisa Disebut Tanah Musnah

Baca juga: Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 75.000/Kg Jelang Libur Nataru

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved