Breaking News:

Berita Semarang

Varian Omicron Ditemukan indonesia, Pemkot Semarang Atur Strategi Agar Tak Masuk ke Kota Lunpia

Pemerintah Kota Semarang mengatur strategi untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 varian Omicron ke Kota Lunpia

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang mengatur strategi untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 varian Omicron ke Kota Lunpia.

Antisipasi ini dilakukan menyusul temuan kasus varian Omicron di Indonesia. 

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyampaikan, ada beberapa strategi yang dilakukan pemkot.

Random sampling rutin dilakukan setiap hari oleh petugas di 37 puskesmas. Capaian vaksinasi juga terus digenjot di kelurahan hingga basis RT/RW.

"Rencana tanggal 21 Desember, kami mulai vaksinasi untuk usia 6 - 11 tahun," tambah Hendi, sapaan akrabnya, melalui pesan singkat, Jumat (17/12/2021). 

Hendi melanjutkan, edukasi protokol kesehatan di tempat risiko kerumunan, public space, dan tempat wisata akan terua digencarkan mengantisipasi penyebaran Omicron.
 
Terkait pengetatan pintu masuk perbatasan, menurutnya, saat ini belum dilakukan. Namun, pihaknya siap membuat posko terpadu di lima titik perbatasan kota untuk antisipasi apabila diperlukan penyekatan.  

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam menambahkan, Menteri Kesehatan telah mengungumkan adanya temuan pasien Covid-19 varian Omicron. Pasien bersangkutan tidak pernah berpergian ke luar negeri. 

"Keterangan pers Menkes tersebut direspon cepat oleh pemerintah daerah dengan melakukan upaya-upaya pencegahan termasuk di kota Semarang," papar Hakam. 

Dia menekankan, Pemkot Semarang akan memperketat arus keluar dan masuk masyarakat melalui bandara, stasiun dan terminal. Semua pendatang wajib mengakses aplikasi SIDATANG, sehingga bisa langsung dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan dan dibantu warga sekitar. 

"Serta memberlakukan kebijakan pembatasan pelaku perjalanan internasional," sambungnya, melalui keterangan tertulis. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved